STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian)

Authors

  • Makmur, Saprijal. Fakultas Ekonomi

Keywords:

strategi pemasaran, meningkatkan penjualan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh S-Mart Swalayan dalam meningkatkan volume penjualan. Jenis penelitian y a n g dilakukan adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara waancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data y a n g digunakan adalah analisis deskriptif, mengacu pada konsep 4P Marketing Mix (Produk, Price, Promotion, Place)selanjutnya digunakan analisis SWOT yaitu dengan mengamati kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, kemudian dibuat diagram Cartesius untuk menetukan posisi penjualan perusahaan. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa swalayan S-mart memiliki strategi-strategi dalam meningkatkan volume penjualan yaitu : Strategi Produk : strategi yang digunakan dengan Melengkapi segala jenis macam produk. Strategi Harga : Memberikan harga yang murahDengan memperkecil tingkat keuntungan suatu barang Strategi Ditribusi (Promosi) : Membuat media informasi tentang produk promo-promo undian berhadiah seperti spanduk, baliho, melalui radio dll Strategi Tempat : Memberikan pelayanan y a n g baik seperti penyusunan yang rapi pada rak barang, memperindah bentuk bangunan. Berdasarkan dari analisis internal dan eksternal beserta diagram cartesius yang dilakukan di perusahaan swalayan S-mart maka dapat diperoleh bahwa swalayan S-mart pasir pengaraian saat ini berada pada strategi Growth (perkembangan). Dimana keputusan yang akan diambilyaitu mengembangkan perusahaannya dengan cara meningkatkatkan kualitas dan kelengkapan produk dan memperbanyak segala bentuk promosi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian suatu pendekatan

praktik.Rineka Cipta.Jakarta.

Basu Swastha, dan T. Hani Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran,

Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta.

Buchari Alma, 2004, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, cetakan kelima, edisi revisi, Penerbit : Alfabeta, Bandung.

Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Catur E. Rismiati dan I g . Bondan Suratno, 2006, Pemasaran Barang dan Jasa, cetaan keenam, Penerbit : Kanisius, Yogyakarta.

Fred R, David, 2006, Manajemen Strategis, Edisi Sepuluh; Salemba Empat, Jakarta.

Gema alkausar, 2011. Analisi Strategi Pemasaran pada PT. Mitra

Yomart Sejati. Institut Pertanian Bogor.

Kotler P. dan ga r y Armstrong, 1997. Principles of Marketing. Singapore:

Hall Internatinal Editions.

Kotler, P. dan Keller, K. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Laksamana Faj ar, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi pertama,

cetakan pertama, penerbit : Graha Ilmu, Yogyakarta.

Maulida Rahmat Reni, 2012, Analisis Strategi Pemasaran pada PT.

Koko Jaya Prima Makasar. Universitas Makassar.

Rangkuti Freddy, 2009, Strategi Promosi Yang Kreatif, edisi pertama, cet. 1th, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti Freddy, 1997, Teknik Membedah Kasus Bisnis,cetakan

keempat belas 2006, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sofjan Assauri, 2008, Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan

Strategi, Cet. 8, PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Sofjan Assauri, 2011, Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan

Strategi, Cetakan kesebelas, PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2017-01-21