MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PEMBELAJARAN IPA MATERI LINGKUNGAN SEHAT MENGGUNAKAN TEMATIK MELALUI SISTIM BELAJAR KONTEKTUALPENDEKATAN INQUIRI SAMBIL BERMAIN KELAS I DI SD NEGERI 002 RAMBAH

Authors

  • Sariati. K UPT. Pusat Pelayanan Komputer (Puskom)

Keywords:

Pelajaran, Tematik, Kontekstual

Abstract

Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas, mengkontetualkan pelajaran yang seuai pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 002 Rambah Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (71, 33%), siklus I (84, 27%), siklus II (92, 03%).Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual berbasis inquiri dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas I SD Negeri serta model pembelajaran ini dapat digunakansebagai salah satu alternative pembelajaran Tematik.

References

Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Ali, M. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algesindon.

Daroeso, B. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila.

Semarang: Aneka Ilmu.

Dayan, A. 1972. Pengantar Metode Statistik Deskriptif, tt. Lembaga Penelitian Pendidian dan Penerangan Ekonomi.

Hadi, S. 198. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.

Melvin, L. Siberman. 2004. Aktif Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif.

Bandung: Nusamedia dan Nuansa.

Ngalim, P, M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2000. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti

Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N, S. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surakhmad, W. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Downloads

Published

2018-09-24