UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IIS1 MELALUI MODEL BELAJAR WORD SQUARE DI SMA N 1 RAMBAH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Authors

  • Amelia Lia Utama SMA Negeri 1 Rambah

Keywords:

word square, model pembelajaran, hasil belajar, geografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X1 IIS 1 melalui model belajar word square di SMA N 1 Rambah pada mata pelajaran geografi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelasX1 IIS 1 SMA Negeri 1 RAMBAH yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitianini menggunakan metode tes dan observasi. Data hasil penelitian tentang materi Dinamika Penduduk dan Komposisi Penduduk dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model belajar word square dapat meningkatkan hasil belajar Geografi pada kelas X1 IIS 1 SMA Negeri 1 Rambah, yang pada kondisi awal hasil sebelum diberi tindakan nilai rata-rata 65,41. Pada siklus I dengan menggunakan model word square adanya peningkatan sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 73, 14. Pada siklus II menunjukan peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh 82, 57. Jadi kondisi awal sampai akhir menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran 8,71

References

Antonius Cahya Prihandoko. (2006). Memahami Konsep geografi Secara

Benar dan Menyajikannya Secara menarik. Jakarta: Depdiknas.

Arief S.Sadiman dkk. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Buharuddin dan Esa Nur, Wahyuni. (2010). TeoriBelajardan Pembelajaran. Papua:Ar-Ruzz Media.

Harjanto. (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Heruman. (2010). Model Pembelajaran Geografi di Sekolah Menengah Atas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kasihani Kasbolah. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Nana Sudjana. (2006). Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (2006). Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: PT. Rosda Karya.

Marsigit. (2011).” Pedoman Umum dan Khusus Pembelajaran Matematika

SMP” Diambil dari http://staff.UNY.ac.id http://hardmodes.com/view?=http://rian.hilman.web.id/wpcontent/uploads/2011/12/Buku-Pedoman-Umum-dan-Khusus-Pembelajaran-Matematika-SMP_oleh-Marsigit.pdf, pada tanggal 29 Oktober 2010.

Menteri Pendidikan Nasional. (2010). Standar Nasional Pendidikan Beserta

Delapan Peraturan-Peraturan. Papua: CV. Dwi Karya Mulia.

Patta Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah

dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta: Depdiknas.

Pitajeng. (2006). Pembelajaran Geografi yang menyenangkan. Jakarta:

Depdiknas.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sri Subaringah. (2006). Inovasi Pembelajaran Geografi. Jakarta: Depdiknas.

Syaful Bahri Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rienika Cipta

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan, Zain. (2006). Stategi BelajarMengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2018-09-24