PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENUGASAN DI IX SMPN 11 RAMBAH HILIR

Authors

  • Amat Bajuri Guru SMP Negeri 6 Rambah Hilir

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar, Metode Penugasan

Abstract

Seorang guru mampu menciptakan kegiatan pembelajaran dengan baik dan bisa memecahkan masalah yang ada didalam kelas, seperti rendahnya daya serap siswa, kurangnya motivasi dan percaya diri pada siswa. Masalah ini dapat dicari solusinya dengan mengadakan penelitian didalam kelas, yaitu mencari akar permasalahan yang mengakibatkan rendahnya daya serap siswa, maka dari itu diadakanlah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian yang dikemas dalam bentuk penelitian kelas ini, dilaksanakan di Kelas IX SMP.N Rambah Hilir Tahun Pelajaran 2016/2017 Kabuapeten Rokan Hulu. Adapun jumlah siswa sebanyak 12 orang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persentase daya serap siswa setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan peningkatan, dimana secara klasikal siswa memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 66% pada siklus I naik menjadi 86% pada siklus II. Persentase daya serap siswa setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan peningkatan, dimana secara klasikal siswa memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 66, 67% pada siklus I naik menjadi 100% pada siklus II.

References

Anwar. C, 2007. Media Pembelajaran Untuk Guru SD, SMP dan SMA. P4TK IPA, Bandung

Arsyad, A, 2002. Media Pembelajaran. Rajawali Press, Jakarta.

Hamid, 1988. Konsep dan Makna Belajar. Alfabetha, Bandung.

Hinduan, 1990. Model-Model Mengajar Metodik Khusus. Makalah Calon

Penatar Dosen Pendidikan Guru SD, Jakarta

Lufri, 2006. Strategi Pembelajaran, Teori, Praktek dan Penelitian. Jurusan

Biologi UNP, Padang.

Sadiman, A.S, 1986. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan

Pemanfaatannya. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soewarno, (1976), Pengantar Didajtik Metodik Kurikulum PBM, Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Sudjana. N, 2004. Dasar-Dasar Didatik dan Penerapannya Dalam

Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sulaiman, 1981. Konsep dan Makna Belajar. Alfabetha, Bandung.

Syah. M, 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja

Rosdakarya, Bandung.

Tarigan, 1988. Media Pendidikan. Aksara Baru, Jakarta.

Downloads

Published

2018-12-01