IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 001 TANDUN TAHUN PELAJARAN 2017 /2017

Authors

  • Jeje Jenal Arifin GURU SD NEGERI 001 TANDUN

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Contextual

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada tanggal 08 April sampai dengan 22 April 2017 Tahun Pelajaran 2016 /2017ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 001Tandun pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan objek 24 orang siswa dan dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Materi dalam penelitian ini adalah pemerintahan desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rerata hasil belajar 75% pada siklus I menjadi 95, 83% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut disebabkan dengan implementasi model pembelajaran CTL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 001Tandun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Metode CTL hanya salah satu model pendekatan pembelajaran untuk pemerintahan desa bukan satu-satunya model pembelajaran yang alternatif media pembelajaran bagi guru yang lain. Demi meningkatkan mutu pendidikan dan juga prestasi siswa ada baiknya dilakukan penelitian ulang di sekolah yang berbeda dan subjek didik yang berbeda pula.

References

Hamalik, O (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, R (2006). Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk

Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMK. Tesis PPs-UPI

Bandung. Tidak Dipublikasikan

Sagala, S (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Saptuju (2005). Meningkatkan Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika melalui Belajar Kelompok Kecil dengan Pendekatan Problem Solving. Tesis PPs-UPI Bandung. Tidak Dipublikasikan.

Saptuju (2005). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Kelas II SMP Negeri 2 Kelayang Kab. Inhu dalam Matematika melalui

Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual. Karya Ilmiah : Tidak

dipublikasikan.

Sardiman (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Persindo Grasada.

Johnson, E (2007). Contextual Teaching and Learning. Jakarta : MLC

Slameto (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Surya, M (2004). Psikologi Pembalajaran & Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Downloads

Published

2018-12-01