IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD 004 RAMBAH SAMO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Ruslin . GURU SD 004 RAMBAH SAMO

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di kelas IV SD N 004 Rambah Samo melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD tahun palajaran 2016/2017. Menciptakan proses belajar mengajar aktif dan efektif. Adapun jumlah siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah Kelas IV SDN 004 Rambah Samo, Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu, yang berjumlah 13 siswa dengan rincian 5 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Bentuk kegiatan yang termasuk kedalam perencanaan tindakan adalah Menyiapkan Silabus, Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP). Menyiapkan tugas yang harus dikerjakan siswa yang akan digunakan guru. Menyiapkan lembar observasi aktifitas guru dan siswa. Menyiapkan alat evaluasi berupa soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas IV SDN 004 Rambah Samo,Kecamatan Rambah SamoKabupaten Rokan Hulu pada mata pelajaran PKN, yaitu ketuntasan belajar siswa 76,92% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2.

Downloads

Published

2018-12-01