ROLE PLAY STRATEGY IN TEACHING SPEAKING

Authors

  • Pipit Rahayu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Kemampuan Berbicara, Strategi Role Play

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan strategi role play menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi masalah pada kemampuan Mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data kualitatif didapatkan melalui observasi dan catatan harian, sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui tes. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi role play telah sukses sejak ada peningkatan pada kemampuan berbicara Mahasiswa. Hasil dari penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbicara Mahasiswa dari rata-rata siklus I hingga pada siklus II

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Yogyakarta: PT Rineka

Cipta.

Budden, Joanna. (2006). Role Play.

London: BBC.

Bachman, Lyle F. (2002). Assessing

Speaking. Cambridge University

Press.

Diyah, Ayu. (2007). Using Role Play in

Teaching Speaking. UIN.

Dananjaya, Utomo. (2013). Media

Pembelajaran Aktif. Nuansa

Cendikia.

Gay, L.R.1987.Education Research.

USA:Merrie Publishing Company.

Hormailis,2003. The Use of Group Work

Technique for the improvement of

Speaking Ability the Second Year

Student on MAN 2 Pekanbaru

Pekanbaru: A Thesis Unpublished

Paper.

Hughes, Arthur, 1985. Testing for

Language Teacher. Jakarta:

Camridge University Press

Nunan, David. 1999. Second Language

Teaching and Learning.

Massachusetts :Heinle publisher

Rahayu, Pipit. (2009). Improving

Students’ Motivation and Speaking

Skill Through Negotiated Material

based on Current Syllabus at Grade

IX Accounting of SMK N 1 Pasir

Pengaraian Rokan Hulu.

Ricahrds, Jack. 1985. Person-To-Person

Communicative Speaking and

Listening Skills, Book I. England:

Oxford University Press.

Ricahrds, Jack. 1985. Person-To-Person

Communicative Speaking and

Listening Skills, Book II. England:

Oxford University Press.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian

Pendidikan: Jenis, Metode dan

Prosedur, 154-155.Prenada media

Group: Jakarta.

Sayekti, Indrani. (2014). Applying Audio

Lingual Method in English

Speaking Class of Grade 11th

SMAN 1 Prambanan-Klaten.

Ahmad Dahlan University.

Sunardi.(2013). Teaching Speaking

Ability through Role Play,

Tanjung Pura University.

Thornbury, Scott. (2005). How to Teach

Speaking. Pearson Education

Limited.

Umam, Chothibul. (2009). Improving

Students' Speaking Ability through

Role-Playing Strategy. STAIN.

Downloads

Published

2015-07-23