PERANCANGAN SISTEM GASIFIKASI BIOMASSA PELEPAH KELAPA SAWIT PADA MESIN DIESEL 10 KW
DOI:
https://doi.org/10.30606/aptk.v7i2.139Keywords:
biomassa, pelepah kelapa sawit, gasifikasi, downdraftAbstract
Bahan organik yang dihasilkan oleh tanaman dan turunannya disebut sebagai biomassa. Salah satu potensi biomassa yang sangat besar dan belum banyak dimanfaatkan adalah pelepah sawit. Pelepah sawityang diproduksi 6,2 ton/ha saat ini belum termanfaatkan dan umumnya dibiarkan membusuk di lahan kebun sawit. Pembusukan pelepah sawit tersebut dapat menghasilkan gas rumah kaca seperti methanedan CO2. Dari potensi biomassa sawit sejumlah 28 juta ton/tahun dapat dihasilkan listrik sekitar 2.300 MWh/thn dengan menggunakan Unit Gasifikasi Biomassa menggunakan gasifier. Sebuah gasifieradalah suatu peralatan yang dapat mengubah berbagai biomassa menjadi gas seperti limbah kayu, limbah pertanian seperti batang dan akar berbagai tanaman. Menggunakan sistem pengapiankompresi (misalnya mesin diesel) dapat dibuat untuk beroperasi dengan sekitar 60 % -80 % bahan bakar minyak pengganti oleh gas. Jenis reaktor yang digunakan adalah jenis downdraft. Pada gasifier jenis ini, udara masuk pada zona pembakaran dan lapisan gas yang dihasilkan dekat bagian bawah gasifier. pada gasifiers jenis ini, volatil dan tar dihasilkan dari turun nya lapisan bahan bakar dan harus melewati zona reaksi dimana sebagian besar nya bertingkat dan mengalami proses gasifikasi.References
Dingus, T. A., Neale, V. L., Klauer, S. G.,
Petersen, A. D. and Carroll, R. J.
(2006)The development of a naturalistic
data collection system to perform critical
Incident analysis: an investigation of
safety and fatigue issues in long-haul
trucking. Accident Analysis and
Prevention, 38(6), 1127–1136.
Haworth, N. and Rechnitzer, G. (1993)
Description of fatal crashes involving
various causal variables. CR119,
Canberra: Federal Office of Road Safety.
Hensher, D A, DANIELS, R, Battellino, H,
, Safety and productivity in the long
distance trucking industry, proceeding,
th ARRB Conference, 9-13 November
, Perth, Western Australia, Volume
, Part 4
Lasmini Ambarwatidkk (2010), Karakteristik
dan peluang kecelakaan pada mobil
pribadi di wilayah perkotaan, Jurnal
Rekayasa Sipil
L.R. Hartley, P.K. Arnold, et al 1994 Indicators
of fatigue in truck drivers, Elsevier
Ma, T., Wiliamson, A. and Friswell, R. (2003)
A Pilot Study of Fatigue on Motorcycle
Day Trips. Sydney, Australia: NSW
Injury Risk Management Research
Centre.National Highway Traffic Safety
Administration (NHTSA), 1991, NHTSA
Report
Parkes, A. M., Sexton, B. F., Burton, S.,
Hu, H., Shaw, J. A. and Daggy, B. P.
(2001)An evaluation of the effects of a
functional energy drink on post-lunch and
Early evening driving performance.
Proceedings of the Driving Assessment
Conference, Aspen Colorado,
August 2001 (CD-ROM).
Ryan, G.A. and Spittle, J.A. (1995) Truck
crashes in Western Australia. Paper
presented at Road Safety Research and
Enforcement Conference, Melbourne,
November.
Sexton, B., Baughan, C., Elliott, M. and
Maycock, G. (2004) The Accident Risk
ofMotorcyclists. TRL Report No. 607.
Crowthorne: TRL Limited.
Stutts, J., Wilkins, J., S., O., and Vaughn, B.
(2003). “Driver Risk Factors for Sleep-
Related Crashes.” Accident Analysis and
Prevention, 35, 321-331.
Tilley, D. H., Erwin, C. W., and Gianturco, D.
T. “Drowsiness and Driving: Preliminary
Report of a Population Survey.” Society
of Automotive Engineers International
Automotive Engineering Congress,
Detroit, MI.
Thiffault, P., and Bergeron, J. (2003a).
“Monotony of Road Environment and
Driver
Fatigue: A Simulator Study.” Accident
Analysis and Prevention, 35.