SIKAP KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH JERUK LOKAL DAN IMPOR DI KABUPATEN PURWOREJO

Authors

  • eka mariana Prihantari

DOI:

https://doi.org/10.30606/js.v6i1.1526

Keywords:

orange fruits, consumer, local and impor, attitude.

Abstract

The research aimed to analyze the difference of purchasing rate of local and imported orange fruits, consumer attitude toward attributes of purchasing orange fruits of orange fruits and the factors that influence the purchase decision of orange fruit. The research was conducted in Baledono and Kutoarjo markets using survey method. Determination of sample using purposive sampling method with 100 consumers. Chi-square test, Fishbein and binary logistic regression were used to analyze. The results showed that there is a significant difference about purchase rate of local and  imported orange fruits based on the amount and frequency of purchases. The result of Fishbein analysis showed that consumer attitude of local orange fruits was 68,69 and consumer attitude of import orange fruits was 44,09 which showed that respondent had higher confidence and assessment on local orange fruits. Binary logistic regression analysis showed that respondents tend to buy local orange fruits and influenced by income and motivation variable.

References

Badan Pusat Statistik. 2009. Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2009. Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia. Buku 1. Jakarta (ID) : Badan Pusat Statistik.

Engel, J. F., D.B Roger dan W. M Paul. 1994. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 1. Binarupa Aksara, Jakarta.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan Edisi Revisi. CV Andi Offset, Yogyakarta.

Jumiana, M., W.D Sayekti dan S. Situmorang. 2013. Sikap dan pengambilan keputusan konsumen dalam membeli buah jeruk lokal dan jeruk impor di Bandar Lampung. J. Pertanian. (4) 1 : 1-7.

Kiloes, A.M. 2012. Penilaian sikap dan persepsi konsumen terhadap beberapa atribut produk buah jeruk lokal dan impor sebagai dasar peningkatan daya saing jeruk nasional. J. Pertanian. (2) 1 : 327-334.

Maski, G. 2010. Analisis keputusan nasabah menabung : pendekatan komponen dan model logistik studi pada bank syariah di malang. J. Ekonomi. (4) 1 : 1-15.

Muhaimin. 2010. Manajemen Pendidikan Kencana Prenada Mulia Group, Jakarta.

Nafisah, S.N. 2013. Sikap dan persepsi konsumen terhadap jeruk lokal dan jeruk impor di pasar modern kota Bogor. Program Sarjana Jurusan Agribisnis. Institut Pertanian Bogor. (Skripsi).

Pemerintah Kabupaten Purworejo. 2011. Populasi Tanaman Jeruk di Kabupaten Purworejo. Pemerintah Kabupaten Purworejo, Purworejo.

Pracaya. 2009. Jeruk Manis Varietas Budidaya dan Pascapanen. Penebar Swadaya, Jakarta.

Pusat Kajian Buah Tropika. 2009. Perkiraan Konsumsi Buah di Indonesia Tahun 2000-2015. Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat, Institut Pertanian Bogor.

Rahmad, S dan Endang, G. 2012. Untung Besar Bisnis Bibit Tanaman Buah. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Riska, I.Y. 2012. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Jeruk Lokal dan Buah Jeruk Impor di Kabupaten Kudus. Program Sarjana Jurusan Pertanian. Universitas Sebelas Maret. (Skripsi).

Sadeli, A.M dan H.N. Utami. (2013). Sikap konsumen terhadap atribut produk untuk mengukur daya saing produk jeruk. J. Agribisnis. (1) 12 : 61-71.

Setiadi, N. 2003. Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran). Prenada Media, Jakarta.

Shanti, S. I. 2007. Analisis Keputusan Konsumen dalam Mengkonsumsi Jeruk Lokal dan Jeruk Impor di Ritel Modern (Kasus Konsumen Giant Botani Square Bogor). Program Sarjana Jurusan Manajemen Agribisnis. Institut Pertanian Bogor. (Skripsi).

Sumarwan dan Agus. 2004. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. PT Ghalia Indonesia, Bogor.

Teme, Y.V. 2006. Analisis Pola Konsumsi Jeruk Lokal dan Jeruk Impor di Kota Bogor (Kasus Jeruk Medan dan Jeruk Mandarin). Program Sarjana Jurusan Manajemen Agribisnis. Institut Pertanian Bogor. (Skripsi).

Wahyudi, H.D. 2005. Pengaruh atribut terhadap keputusan konsumen mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. J. Eksekutif. (3) 2 : 165-170.

Downloads

Published

2018-02-06