PENGARUH PENURUNAN HARGA KARET MENTAH TERHADAP DAYA BELI MASYARAKAT DI PASAR DESA PASIR JAYA

Authors

  • Yulfita A’ini, Wirdatul Jannah. Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

down price of raw rubber, the power of buy.

Abstract

This research was conducted to analyze the effect go down price of raw rubber to power of buy society at traditional market in Pasir Jaya village. This research was conducted using quantitative data, data collectionin this study usinga questionnaire containing 20 grains ofquestions and distributed to85respondents who had income from the sell of raw rubber. The sampling techniquethat researchers dothat isto use theformulaslovin. Analysis ofdata usedin this studyistotest hypothesesusing validityand reliability testing. The results of theregression analysisindicatethere is a verystrongandsignificant correlation between go down price of raw rubber with power of buy society at traditional market in Pasir Jaya village that is equal to 0,529 or by 52,9%. Researcher isrecommended to society at Pasir Jaya village to be more high the quality of the raw rubber so that the power of sale the raw rubber have a high level or the society must have a sidejob so that the society have a other income.

References

Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis, 2012. Manajemen Pemasaran. PT

Raja Grafindo Persada: Depok.

Amalia Dea, 2011, Jurnal internasional Preview, dapat diakses padahttps://amaliadea.wordpress.com/2011/11/13/jurnal-internasional-review/ (diakses pada 22 maret 2015).

Assauri, Sofjan, 2009. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo

Indonesia: Jakarta.

Ernita Dewi, Amar Syamsul, Syofyan Efrizal, 2013, Analisis Pertumbuhan

Ekonomi, Investasi dan Konsumsi di Indonesia, Dapat diakses di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ekonomi/article/viewFile/752/621

Fedina Flora.

Aditasari, 2011, Faktorfaktor yang mempengaruhi ekspor karet Indonesia ke RRC (Republik Rakyat China), Dapat diakses di http://eprint.uns.ac.id/6687/1/212641812201108121.pdf (diakses pada 22 april 2015).

Hanani Nuhfil dan Fahriah , 2012 , Daya saing karet Indonesia dipasar

Internasional, Dapat diakses pada http://nuhfil.lecture.ub.ac.id/files/201

/12/jurnal-karet-perhepi-nuhfil.pdf

Kotler, Philip dan keller, Kevin lane, 2009. Manajemen Pemasaran; PT

INDEKS, Jakarta

Majmuk munir Nandang, 2011, Dampak kebijakan harga minyak terhadap daya beli masyarakat, Dapat diakses di http://www.jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/634/577(diak

ses pada 29 maret 2015).

Nazir, Moh, 2013. Metode Penelitian; Ghalia Indonesia: Bogor.

No name, 2008, Pengaruh Krisis Keuangan terhadap Daya Beli Mahasiswa, Dapat diakses di https://lupnaruto.wordpress.com/2008/11/

/pengaruh-krisis-keuangan-terhadap-daya-beli-mahasiswa/(diakses

pada 22 maret 2015)

No name, 2012, Pengertian permintaan: faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, Dapat diakses pada http://www.pustakasekolah.com/pengertian-permintaan-faktor-yangmempengaruhi-permintaan.html (diakses pada 22 maret 2012).

No name, 2014, Analisis daya saing karet dan produk dari karet Indonesia terhadap China, Dapat diakses pada http://www.kemenkeu.go.id/Kajian/analisis-daya-saing-karet-danproduk-dari-karet-indonesia-terhadap-china (diakses pada 22 maret 2015).

Prayuda Tunggul, sasonko, 2011, Variabelvariabel yang mempengaruhi

kemampuan daya beli rumah (Study pada PT. Jamsostek, Kota Malang),

Dapat diakses di http://www.jimfeb. ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/vie

w/634/577 (diakses pada 29 maret 2015)

Qonita Hamood, 2013, Beberapa factor yang mempengaruhi daya beli

masyarakat, Dapat diakses di http:www.scribd.com/doc/12686674

/Beberapa-Factor-Yang-Mempengaruhi-Daya-Beli-Masyarakat-Yaitu

#scribd (diakses pada 21 april 2015).

Downloads

Published

2017-03-22