PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Keywords:
Corporate Social Responsibility, Nilai PerusahaanAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh program Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di BursaEfek Indonesia. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif yaitu mendeskripsikan ciri-ciri variabelpenelitian yaitu Corporate Social Responsibility dan nilai perusahaan. Sedangkan dalam analisis statistik inferensial dilakukan pengujian atas hipotesis penelitian. Berdasarkan hasilpenelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh yaitu Y = 6.372 + 35X artinya terdapat hubungan positif antara variabel X dan Y. Korelasi nilai r sebesar 0,99 artinya bahwa korelasi variabel X dan Y adalah sangat kuat. Uji t hipotesis diperoleh t hitung ≥ t tabel (10,07 ≥ 4,30) sehingga dapat disimpulkan bahwa programCorporate Social Responsibility yang dilakukan oleh perusahaan otomotif di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 berpengaruh signifikan terhadap total penjualan.References
Algifari. 2013. Statistika Deskriptif Plus. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Ardianto, Elvinaro dan Dindin M.Machfudz.2011. Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Defli, Ranti. 2014. Analisis Pelaksanaan Corporate Social Responsibility
Pada PT. Perdana Inti Sawit Perkasa (PISP) Kecamatan Kepenuhan.Skripsi. Universitas Pasir Pengaraian.
Gunawan, Juniati. 2009. Mengukur Kinerja Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan.Artikel Koran Bisnis Indonesia, dimuat tanggal 8 Juni
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha
Ilmu. Hery. 2011. Akuntansi Aktiva, Utang dan Modal. Yogyakarta: Gava Media.
Hery. 2012. Akuntansi dan Rahasia Dibaliknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hery dan Widyawati Lekok. 2013. Akuntansi Keuangan Menengah 2.
Jakarta: Bumi Aksara.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta:
Salemba Empat.
Kuntari, Y dan A. Sulistyani. 2007. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan Indeks Letter Quality (LQ 45) Tahun 2005. Jurnal Ilmiah Aset.
Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi.Jakarta: Selemba Empat.
Nurlela dan Islahudin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility
terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating.Simposium Nasional Akuntansi XI.
Rosiana, Gusti Ayu Made Ervina. 2013. Pengaruh Pengungkapan
Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi.EJurnal.Universitas
Udayana Bali.
Soemarso S.R. 2010. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba
Empat.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharli, Michell. 2002. Studi Empiris terhadap Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Go Public di Indonesia.Jurnal Maksi.
Suwardjono. 2005. Akuntansi Pengantar. Yogyakarta: BPFE.
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.
Untung, Hendrik Budi. 2008. Corporate Social Responsibility. Jakarta:
SInar Grafika.
Winarni, F. dan G. Sugiyarso.2006. Konsep Dasar dan Siklus Akuntansi.
Yogyakarta: Media Pressindo.