Training Need Analysis (TNA) Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Pada Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Bengkulu

Authors

  • Febriani Febriani
  • Yusuarsono Yusuarsono

Keywords:

Training Need Analysis (TNA), Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB)

Abstract

Training need analysis  merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang muncul ditempat kerja. Analisis kebutuhan pelatihan merupakan proses pengumpulan dan analisis data untuk mengidentifikasi faktor - faktor yang perlu ditingkatkan melalui pelatihan. Petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) ini merupakan ujung tombak dari pelaksanaan program yang ada di BKKBN. Tugasnya  melakukan urusan-urusan kegiatan koordinasi dan memberikan bimbingan serta pelayanan tentang pembangunan keluarga sejahtera yang di mulai dari kalangan Remaja. Ada beberapa permasalahan PLKB dalam memberikan pelayan kepada masyarakat yaitu 1. Kemampuan para PLKB dalam merencanakan, menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan  pembangunan keluarga sejahtera di wilayah kerjanya masih belum berjalan dengan maksimal, 2. Keterampilan untuk melakukan hubungan kerja sama dengan semua pihak terkai kurang berjalan maksimal karena masih banyak masyarakat yang tidak mempedulikan program yang ada di BKKBN, 3. masih sangat  lemah kemampuan dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan tugasnya. Dari permasalahan yang terdapat diatas pentingnya pelatihan yang diberikan oleh BKKBN Provinsi Bengkulu kepada para PLKB yang ada di berbagai kabupaten agar dapat memiliki kompetensi yang baik bukan hanya hard skill akan tetapi Soft Skill. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Traning Need analisis Petugas Lapangan (PLKB) yang dijalankan Oleh BKKBN Provinsi Bengkulu Untuk  meningkatkan  Kompetensi (Hard Skill & Soft Skill ) Para PLKB.  Metode yang digunakan yaitu kualiatatif deskriptif  dengan teknik pemilihan informan mengunakan  Purposive Sampling  untuk menentukan informan kunci, teknik untuk mengumpulkan data yaitu melalui  observasi, wawancara  dan dokumentasi, utnuk menganalisa data yang didapatkan dalam penelitian ini mengunakan 2 jenis pengkodean yaitu Pengkodean terbuka (Open Coding) adalah bagian analisis yang secara khusus menjelaskan hubungan antara penamaan dengan pengategorian fenomena melalui pengkajian data secara teliti. Pengkodean terporos (Axial Coding) adalah seperangkat prosedur penempatan data kembali dengan membuat keterkaitan antar kategori.

References

DAFTAR PUSTAKA

Akhmad, Jaenudin. Wahyono. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 2. Jakarta : Lentera Ilmu Cendikiawan.

David Megginson, Paul Bnafiel, Jenifer Joy – Matthews. 1999. Human Resource Development. London : Kogan Page Limited.

Irianto, Jusuf (2001), Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pelatihan (Dari Analisis Kebutuhan Sampai Evaluasi Program Pelatihan), Insani Cendekia, Jakarta< http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195603221982031-Dedy_Kurniadi/Ulasan/Pelatihan_Kajian_Mandiri.pdf >

Iswanto, Yun. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke 7, Edisi ke 2. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.

Ivancevich, Jonh M. Dll. 2006. Organizational Behavor and Management, Seventh Edition. Ciracas Jakarta : Penerbit Erlangga.

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (YKPN).

Masdar, S. Asmorowati, S. Irianto, Jusuf. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi untuk Pelayanan Publik. Surabaya: Airlangga University Press.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Mondy, Wayne R. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 Edisi 10. Ciracas Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mondy, RW, Noe, RM & Mondy, JB 2005, Human Resources Management. Pearson Prentice-Hall. New Jersey.

Ratminto, S. Winarsih,Septi, Atik. 2007. Manajemen Pelayanan, Pengembangan Model Konseptual,Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sedarmayanti .Prof. Dr. 2007.Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2018-10-31