MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISTEM PEMERINTAHAN DAERAH DAN STRUKTURNYA BIDANG STUDI PKn DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI PADA SISWA-SISWI KELAS IV SDN 002 BANGUN PURBA 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Amrizal . SDN 02 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau

Keywords:

Achievement Learning, Collaborative Learning Model

Abstract

This study uses action research (action research) as much as two rounds. Each round consists of four phases: design, activities and observation, reflection and revision. The target of this study is the class IV SDN 002 Bangun Purba. The data obtained as the result of formative tests, observation sheet teaching and learningactivities. From the analyst found that student achievement increased minimum completeness criteria from the first cycle to the third cycle, namely, the first cycle (9,09%) and cycle II (66,66%). Cycle III 100%. It concluded that the teaching modelof collaboration can be a positive influence on learning achievement of learning class IV SDN 002 Bangun Purba and this model can be used as an alternative learning civics.

References

Ali, M., 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, S., 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineksa Cipta.

_____, 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_____, 1993. Manajemen Mengajar secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Azhar, L.M., 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.

Djamarah, S.B., 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

_____, 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hadi, S., 1981. Metodogi Research. Yoyakarta: Yayasan Penerbitan

Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hamalik, O., 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Margono, 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.

Masriyah, 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Ngalim, P.M., 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Nur, M., 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Rustiyah, N.K., 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M., 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Bina Aksara.

Soekamto, T., 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta:

PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Soetomo, 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha

Nasional.

Sukidin, dkk., 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Sulhan, N., 2006. Pembangungan Karakter pada Anak. Manajemen

Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya: Surabaya Intelektual Club.

Surakhmad, W., 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung:

Jemmars.

Suryosubroto, 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT.

Rineksa Cipta.

Syah, M., 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung:

Remaja Rosdakarya. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIK NAS). 2003. Bandung: Citra Umbaran.

Usman, M.U., 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Downloads

Published

2017-03-13