ANALISIS MINAT MEMBACA MAHASISWA ANGKATAN I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN
Keywords:
Interest in readingAbstract
The purpose of this research is to know and analyze the interest of reading student of class I study program of IPS This type of research is classified as qualitative descriptive research with a population of 23 students. The sampling technique used is the total sampling. sample taken from the entire population of 23 students. Primary data in this study were obtained from questionnaires. Secondary data data associated with the object of research presented by other parties in the form of ready-made documents. Data analysis technique used by the formula of total achievement of respondents. The findings of this study is the interest of reading the students of the first class IPS in the high category with an average score of 3.48 with the achievement of respondents 69.57 .References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2008. Rahasia sukses Belajar Edisi Revisi 2008. Jakarta: Rineka Cipta.
¬¬¬¬¬¬¬¬______ 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
______ 2011. Psikologi Belajar.Jakarta: Reneka Cipta.
Djamarah,Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Irianto, Agus. 2010. Statistik: Konsep dasar, Aplikasi dan Pengembanganya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
¬Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan:Sebuah Orientasi Baru. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press.
______2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Johnson, LouAnne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik: Cara Membangkitkan Minat Mahasiswa Melalui Pemikiran. Terjemahan oleh: Dani Dharyani. PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Khaled Al-Nafisaha. 2011. Saudi EFL students’ reading interests. Journal of King Saud University. (Online), Volume 23, Issue 1, January 2011,
Pages 1–9. (http://www.sciencedirect.com, diakses Hari Kamis tanggal 4 April 2013).
Kowalewski, Kirsten D. M. 2000. What Influences The Choice to Read? (online) http://bpm.slis.indiana.edu/scholarship/award01.shtml. Diakses Hari Selasa Tanggal 2 April 2013
Mariyana, Rita, dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.
Mudjito. 1999. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung:Alfabeta.
Riduan dan Kuncoro. 2011. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran; untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung:Alfabeta.
Sandjaja, Soejanto. 2010. Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap minat membaca anak ditinjau dari pendekatan Stress Lingkungan. (Online) (http://makalahcenter.blogspot.com. Diakses 30 Maret 2012)
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Kencana
Shochib. 2000. Pola Asuh Orang Tua, dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar &Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N dan Ibrahim 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No 20 tahun 2003). Jakarta:Sinar Grafika.