PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP N 5 RAMBAH HILIR

Authors

  • Rena Lestari Program Studi S-1 Pendidikan Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 5 Rambah Hilir Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Randomized Control Group Pre-test Post-test Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIId sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh dari rata-rata setiap aspek dalam keterampilan proses sains sebesar 78% dengan kategori tinggi.

References

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Ambarsari, W., Santosa, S. Dan Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi 5(1): 81- 95.

Kalsum, U. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Pekerti, F.A., Jalmo, T. dan Marpaung, R.R.T. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi 1 (7): 2 – 12.

Rokhmatika, S., Harlita dan Prayetno, B.A. 2012. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Kooperatif Jigsaw Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan Biologi 4(2): 72 – 83.

Santiasih, N.L., Marhaeni, A.A.I.N. dan Tika, I.N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No.1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Bandung Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan 4:1 – 11.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2014. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suryaningsih, A. E. 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Prestasi Direct Instruction Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Prestasi Belajar Asam, Basa, dan Garam Kelas VII SMP Negeri 1 Jaten Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2018-04-02