PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS II SDN 002 RAMBAH

Authors

  • Asnidar . Guru SD Negeri 002 Rambah

Keywords:

Deskripsi, Model TPS, Gambar Seri.

Abstract

Hasil observasi keterampilan guru menunjukkan adanya peningkatan di setiap pertemuan, dari siklus I memperoleh kriteria baik, siklus II memperoleh kriteria baik. Hasil observasi aktivitas siswa juga menunjukkan adanya peningkatan di setiap pertemuan, dari siklus I memperoleh kriteria cukup, siklus II memperoleh kriteria baik. Ketuntasan belajar klasikal juga menunjukkan adanya peningkatan Pra Siklus 72,16%, siklus I ketuntasan klasikal 81,50%, dan siklus II dengan ketuntasan klasikal 90,39%.Berdasarkan paparan hasil penelitian tersebut, dapat diambil simpulan bahwa model TPS berbantukan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II SD Negeri 002 Rambah. Saran yang diberikan yaitu untuk menerapkan modelpembelajaran TPS berbantukan gambar seri perlu diadakan suatu pelatihan yang berulang-ulang bagi guru dan siswa.

References

Anitah, S. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Anni, C, T. 2007. Psikologi Belajar.

Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Aqib, Z dan Dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama

Widya, A, I. 2009. Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe TPS Untuk

Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi di Kelas V SD Negeri Kauman 2 Kota Blitar. Tersedia pada http://karya-ilmiah.um.ac.id/ [diakses 16/01/2013].

Arifin, Z. 2012. Evaluasi pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. Dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin dan Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:

Ar-Ruzz Media.

Bahri dan Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, S. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan

Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: Mendiknas.

BSNP. 2007. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Mendiknas.

Depdiknas. 2004. Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata

Pelajaran Bahasa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan

Depdiknas.

Depdiknas. 2010. Undang-Undang Sisdiknas. Bandung: Fokus Media.

Esti, I. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Fadholi, A. 2009. Kelebihan dan Kekurangan TPS. Tersedia pada

http://ariffadholi.blogspot.com/2009/10/kelebihan-tps.html [diakses 16/01/ 2013].

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2018-09-24