PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PENGELOLAAN HASIL BELAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 008 BANGUN PURBA KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Tukiman . Guru SD Negeri 008 Bangun Purba

Keywords:

Supervisi akademik, Kinerja guru dan hasil belajar.

Abstract

Supervisi merupakan suatu usaha yang terencana dalam rangka membantu guru-guru agar mereka dapat mengembangkan profesinya sehingga dapat melaksanakan proses pembelajaran yang lebih baik dan dapat mengembangkan potensi secara optimal dengan hasil belajar menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru kelas SD Negeri 008 Bangun Purba Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu dan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Matematika semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 di SD Negeri 008 Bangun Purba. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan melibatkan guru kelas I s.d. kelas VI di SD Negeri 008 Bangun Purba sebanyak 6 (enam) orang. Penelitian ini dilakukan melalui supervisi akademik dengan melihat rata-rata prestasisiswa di setiap kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru kelas, meningkatkan hasil belajar dan gairah belajar siswa SD Negeri 008 Bangun Purba. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara dan studi dokumen dengan alur penelitian yaitu Refleksi awal, Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Pengamatan, Refleksi dan perancangan ulang, melalui tahapan pelaksanaan tindakan bersiklus. Hasil analisis data yangdicapai dalam pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum pelaksanaan supervisi Kinerja Guru masih bersifat konvensional, kurang memberi kesempatan pada siswauntuk terlibat aktif dalam pembelajaran dan dalam pembelajaran guru belum memanfaatkan alat peraga secara optimal, setelah dilakukan supervisi akademik kinerja guru dapat meningkat terutama pada strategi, metode dan teknik pembelajaran. Hasil belajar dan gairah belajar siswa juga meningkat. Nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika terdapat peningkatan yang signifikan.

References

Undang-undang Nomor: 2 Tahun 1989, Tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor: 27, Tahun 1990. Tentang Pendidikan

Prasekolah.

Peraturan Pemerintah Nomor: 28, Tahun 1990. Tentang Sekolah Dasar.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum Pendidikan Dasar,1994.

Rochman Natawidjaja 1979. Psikologi Pendidikan: Proyek Pengadaan

buku untuk SPG 1979.

Winarno Surachmad. 1988. Pengantar Penelitian Ilmiah.

Sutrisno Hadi. 1978. Statistik. Penerbit Yayasan Penerbitan Fakultas

Psikologi UGM. Yogyakarta 1975.

Downloads

Published

2018-09-24