PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KOMPETENSI RANAH AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII MTsN RAMBAH TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Dahlia . Dosen Biologi

Keywords:

Model Pembelajaran Discovery, Ranah afektif.

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya perhatian guru terhadap penilaian ranah afektif selama kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhmodel pembelajaran discovery terhadap kompetensi afektif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah randomized control-group posttest only design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2015. Data ranah psikomotor diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Uji statistiknya menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery berpengaruh secara signifikan terhadapkompetensi belajar siswa pada ranah afektif, dengan perolehan nilai sig 0.000. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi afektif siswa yang mengikuti model pembelajaran discovery lebih baik secara signifikan daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di MTsN Rambah Tahun Ajaran 2014/2015.

References

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesi: Bogor.

Istiana, G.,A., Agung, N.,C., dan J,S.,S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014.

Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (4): 65-73.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. PT Raja Grafindo

Persada: Jakarta.

Lestari,T,W., Sudarti., dan Bambang, S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Media Kartu Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa. II (I):

-4.

Lufri. 2007. Staregi Pembelajaran Biologi Teori, Praktek dan Penelitian. UNP Press: Padang.

Martisari, I. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Inquiry dan Discovery Dalam Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII di SMP Penda Tawangmangu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional.. 2013. Presiden Republik Indonesia. Jakarta.

Putrayasa,I.M.,Syahruddin,H., dan Margunayasa,I.G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 1 (2):1-11.

Sukanti. 2011. Penilaian Efektif dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal

Pendidikan Akuntasi Indonesia. IX (1):74-82).

Wahjudi, E. 2015. Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA

Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I Di SMP

Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lentera Sains. 1 (5): 1-15.

Downloads

Published

2016-06-20