PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENUGASAN DI IX SMPN 11 RAMBAH HILIR
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar, Metode PenugasanAbstract
Seorang guru mampu menciptakan kegiatan pembelajaran dengan baik dan bisa memecahkan masalah yang ada didalam kelas, seperti rendahnya daya serap siswa, kurangnya motivasi dan percaya diri pada siswa. Masalah ini dapat dicari solusinya dengan mengadakan penelitian didalam kelas, yaitu mencari akar permasalahan yang mengakibatkan rendahnya daya serap siswa, maka dari itu diadakanlah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian yang dikemas dalam bentuk penelitian kelas ini, dilaksanakan di Kelas IX SMP.N Rambah Hilir Tahun Pelajaran 2016/2017 Kabuapeten Rokan Hulu. Adapun jumlah siswa sebanyak 12 orang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persentase daya serap siswa setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan peningkatan, dimana secara klasikal siswa memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 66% pada siklus I naik menjadi 86% pada siklus II. Persentase daya serap siswa setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan peningkatan, dimana secara klasikal siswa memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 66, 67% pada siklus I naik menjadi 100% pada siklus II.References
Anwar. C, 2007. Media Pembelajaran Untuk Guru SD, SMP dan SMA. P4TK IPA, Bandung
Arsyad, A, 2002. Media Pembelajaran. Rajawali Press, Jakarta.
Hamid, 1988. Konsep dan Makna Belajar. Alfabetha, Bandung.
Hinduan, 1990. Model-Model Mengajar Metodik Khusus. Makalah Calon
Penatar Dosen Pendidikan Guru SD, Jakarta
Lufri, 2006. Strategi Pembelajaran, Teori, Praktek dan Penelitian. Jurusan
Biologi UNP, Padang.
Sadiman, A.S, 1986. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan
Pemanfaatannya. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Soewarno, (1976), Pengantar Didajtik Metodik Kurikulum PBM, Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada.
Sudjana. N, 2004. Dasar-Dasar Didatik dan Penerapannya Dalam
Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sulaiman, 1981. Konsep dan Makna Belajar. Alfabetha, Bandung.
Syah. M, 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja
Rosdakarya, Bandung.
Tarigan, 1988. Media Pendidikan. Aksara Baru, Jakarta.