MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV SDN 009 TAMBUSAI UTARA TP. 2016 /2017
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar, Metode DemonstrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di kelas IV SD Negeri 009 Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara. Menciptakan proses belajar mengajar aktif dan efektif. Adapun jumlah siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah kelas IV SDN 009 Tambusai Utara, yang berjumlah 23 siswa, dengan rincian 12 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Bentuk kegiatan yang termasuk kedalam perencanaan tindakan adalah Menyiapkan Silabus, Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) materi Koperasi. Menyiapkan tugas yang harus dikerjakan siswa yang akan digunakan guru. Menyiapkan lembar observasi aktifitas siswa. Menyiapkan lembar observasi aktifitas siswa. Menyiapkan alat evaluasi berupa soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV 009 Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai UtaraKabupaten Rokan Hulu. Dalam proses belajar mengajar dengan metode demonstrasi membuat interaksi yang kuat antar siswa, karena setiap siswa dapat bertanya kepada teman yang lebih pintar tanpa ada rasa sungkan dan malu.References
http://www.suarapembaharuandaily. Suara Pembaharuan. Jakarta
Moedjiono & Dimyati,Mob (1992), Strategi Beajar mengajar, Jakarta. DIKTI.
Moedjiono, dkk (1985), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta. DIKTI.
Mundilarto, (2005) Oemar, Hamalik (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Slamento, (1991), Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta Grafindo Persada
Sardiman, AM, (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Siswa, Jakarta. Grafindo Persada.
Semiwan, Coni (1985), Pendektan Keterampilan Proses, Jakarta. Gramedia.
Suryo Subroto, Bambang (1997), Jakarta. Erlangga
Werkanis ( 2003 ). ” Strategi Mengajar ”. Pekanbaru. PT.Sutra Benta Perkasa