MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 001 ROKAN V KOTO DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Authors

  • Ermawati . GURU SD NEGERI 001 ROKAN V KOTO

Keywords:

hasil belajar, Metode Contectual Learning (CTL), IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 001 Rokan V Koto dengan menerapkan Contektual Learning( CTL ).Pendekatan ini merupakan pendekatan yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau Classroom ActionResearch dengan dua siklus dan masing – masing siklus menggunakan 4 langkah, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan bulan April. Obyek penelitian adalah siswa Kelas 001 Rokan V Koto dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 24 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptif kualitatif.Dimana hasil dari analisis datatersebut dapat disimpukan bahwa penerapan metode pembelajaran Contectual Learningini terbukti dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam pembelajaran ,dapat dilihat dari nilai rata pada pra siklus menjadi baik pada siklus 2.Pendekatan ini cocok diterapkan dikelas tinggi khususnya pada mata pelajaran IPA.

References

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. 2006. Pedoman memilih dan menyusun bahan ajar.

Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah pertama.

Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT. Aditama. Bandung.

http//learning-with-me, blogspot.com/2006/09/pembelajaran.htm.

http://pustaka.ut.ac.id

http://pridapurwoko.blogspot.com/

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sobry Sutikno. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Prospect. Bandung.

Sudjana dan RIai, 2009.Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Roestiyah, N,K. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Rhineka Cipta. Jakarta.

Trianto, 2009.MendesainModel Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta: Kencana. www.blogspot.mgmp.model-model pembelajaran.

Downloads

Published

2018-12-01