PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS I SDN 012 TANDUN TAHUN PELAJARAN 2016 /2017
Keywords:
Alat Peraga, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas I SDN 12 Tandun dengan penggunaan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research dengan dua siklus dan masing – masing siklus menggunakan 4 langkah, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Obyek penelitian adalah Siswa Kelas I di SD Negeri 12 TandunTandun, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau mulai tanggal 8 Agustus sampai dengan 20 Agustus 2016. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas I yang berjumlah 23 orang, laki-laki berjumlah 12 orang dan perempuan 11 orang dengan mata pelajaran IPA. Hasilpenelitian ini adalah Penggunaan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami Penggolongan Tumbuhan dan Perubahan Makhluk Hidup, dimana siklus pertama siswayang tuntas 73, 91% pertemuan 1 dan 82, 61% pertemuan 2 atau 17 siswa pertemuan 1 dan 19 siswa pertemuan 2 dari 23 siswa sedangkan yang belum tuntas 26, 09% pertemuan 1 dan 17, 39%pertemuan 2 atau 36 siswa pertemuan 1 dan 4 siswa pertemuan 2. Pada siklus kedua ketuntasan sudah mencapai 91, 30% pertemuan 1 dan 100% pertemuan 2 dari KKM yang ditetapkan.References
Julaeha, Siti (2007). Belajar Melalui Pengalaman. Jakarta: Depdiknas –
Universitas Terbuka
Semiawan, Conry R (1999). Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Depdikbud
Andayani (2007). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka
Badan Standar Nasional Pendidikan (2006). Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mangatur Sinaga, Joko Sugiarto, Sudwiyanto, M. Sidik, dan Suripto (2007) Terampil Berhitung IPA KelasISD. Hal. 190. Jakarta: Erlangga
Wahyudin, Dian, Supriadi, Abdulhak, Ishak (2004), Pengantar Pendidikan.
Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani, Hermawati, Tati, Astati (2004), Pengantar Pendidikan Luar Biasa,
Jakartya: Universitas Terbuka
Wardani, Kuswaya Wihardit, Noehi Nasution (2004) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka