MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI MINI SISWA KELAS VI SDN 020 RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Asri . Guru Sekolah Dasar Negeri SDN 020 Rambah Hilir

Keywords:

Hasil belajar, modifikasi, bola voli mini

Abstract

Pembelajaran penjas orkes yang sering kali tidak sesuai dengan karateristik siswa membuat kreativitas anak menjaditerabaikan dan hasil pembelajaran menjadi kurang maksimal. Maka perlu adanya modifikasi media pembelajaran yangsesungguhnya. Permasalahan pembelajaran menggunakan modifikasi bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajarbola voli pada siswa kelas VI SDN 020 Rambah Hilir Kabupaten Rokan HuluTahun Pelajaran 2018/2019?” Tujuanpenelitian ini untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar bola voli melalui modifikasi bola voli mini. Penelitian inidilaksanakan di VI SDN 020 Rambah hilir Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019, sampel dalampenelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yangterdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), danrefleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi serta angket/kuesioner yangdigunakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi sepak bola. Data hasil pengamatan siklus I dan II yaitu:unjuk kerja (psikomotor) diperoleh hasil sebesar 56,58% dan 77,21% dengan kriteria baik. Data hasil pengamatan sikapdan perilaku (afektif) adalah 63,67% dan 78,04% dengan kriteria baik. Data hasil penilaian pemahaman siswa (kognitif)sebesar 54,17% dan 95,83% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan perbandingan hasil yang dicapai antara siklus Idan siklus II, secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek terdapat peningkatan. Berdasarkan dari hasilpenelitian diatas, disumpilkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modifikasi bola voli mini dapat meningkatkanhasil belajar bola voli siswa. Oleh karena itu diharapkan bagi siswa dengan adanya modifikasi permainan bola voli miniagar lebih semangat lagi mengikuti pembelajaran penjasorkes, bagi guru penjasorkes di VI SDN 020 Rambah hilirKabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat menggunakan modifikasi bola voli mini dalam pembelajaranbola voli, menggunakan modifikasi permainan bola voli mini sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes, senagaisekolah juga diharapkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada sebagai penunjang dalam pembelajaranpenjasorkes

References

A Husna M. 2009. 100+Permainan Tradisional Indonesia. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Adang Suherman. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta : Depdikbud.

Among Ma‟mun dan Yudha Saputra. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdiknas.

Ateng, Abdul Kadir. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdikbud.

Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Oktia Woro Kasimi. 1999. Praktikum dan ketrampilan pendidikan kesehatan. Semarang : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Soemitro. 1992. Permainan Kecil. Jakarta : Depdikbud.

Suharsini Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Suherman, dan Bahagia. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta : Depdiknas.

Sukintaka. 1992. Teori Bermain. Jakarta : Depdikbud.

Tim Penyusun. 2009. Panduan Penyusunan Skripsi. Semarang : Fakultas Ilmu Keolahragaan UnVIersitas Negeri Semarang.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Usman Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Lutan, Rusli. dan Suherman, Adang. (2000). Perencanaan Pembelajaran Penjas. Depdiknas. Jakarta.

Downloads

Published

2019-07-30