PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN PBM MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI SMP N I UJUNGBATU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Ausykarni . Guru SMPN 1 Ujungbatu

Keywords:

supervisi akademik, kolaboratif, kemampuan, PBM

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan dan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan PBM melaluipelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif di SMPN I Ujungbatu Semester 1 Tahun Pelajaran2016/2017 khususnya pada aspek pengelolaan kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakansekolah. Metode dan rancangan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dengan prosedur penelitian berdasarkan padaprinsip Kemmis dan Taggart (1988:10) yang mencakup kegiatan sebagai berikut : (1) perencanaan (planning) , (2)pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah guru diSMPN I Ujungbatu pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 8 guru. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu Triangulasi yangdigunakan dalam penelitian adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisiskualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan proses belajar mengajar(PBM), di mana pada kondisi awal tidak ada guru yang mampu menyusun pengelolaan proses belajar mengajar (PBM)dengan baik hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh guru-guru yaitu 49,50 danhanya masuk dalam kategori KURANG, pada siklus I meningkat cukup signifikan dan terdapat 3 guru atau 37,50%yang dinyatakan mampu mengelola proses belajar mengajar (PBM) dengan baik, dengan peroleh nilai rata-rata secaraklasikal sebesar 66,83 dan masuk dalam kriteria CUKUP dan pada siklus terakhir menjadi guru atau 100%, dibuktikandengan perolehan nilai secara klasikal sebesar 80,17 dalam kriteria nilai BAIK. Dari hasil penelitian sebagaimanadijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif di SMPN IUjungbatu Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaanPBM.

References

Abdul, Majid. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja. Rosdakarya

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Imron, Ali. 2012. “Metode Penelitian Hand Out”. Surakarta: Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, Suharsimi., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Asf, Jasmani & Mustafa, S., 2013, Supervisi Pendidikan: Terobosan baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru, Yogyakarta: Arr – Ruzz Media.

Bafadal, I & Imron, A. 2004 Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Malang: Kerjasama FIP UM dan DitjenDikdasmen

Davis, B Gordon, et.al 1984, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen,. Jakarta Pustaka Bina Presindo.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.Jakarta: Depdiknas

Flanders, N.A. 1976”Interaction Analysis and Clinical Supervision,” Journal of Research and Development in Education, Volume 9 2, Athens, Georgia. Journal of Research and Development in Education. Volume 15, Athen, Georgia.

Glickman, 1985, Intructional Supervision, New Jersey, Prentice Hall, Inc Englewood Cliftfs.

H.B. Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press

Krajewski, R.A, Anderson 1982.”Clinical Supervision: A Conceptual Framework,”

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya

Oliva, P.F.1984. Supervision for Todays School. New York: Tomas J. Crowell Company.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rodakarya.

Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A., 2009. Organizational Behavior. 13th Edition. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan SDM. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, Piet A. dan Mahateru, F. 2008. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Subroto Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

Sudiarto. 1989. Supervisi Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Tisnowati Tamat dan Moekarto Mirman. 2005. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiles, Kimball, John T Lovell, 1975. Supervision for Better Schools. New

Jersey: Prentice-Hall.

Downloads

Published

2019-07-30