PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA SMP

Authors

  • Lisa Dwi Afri, Widyastuti Pendidikan Matematika, IlmuTarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara Medan Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Model-Eliciting Activities, Kemampuan Representasi.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Model - Eliciting Activities terhadap kemampuan representasi siswa SMP. Selain itu juga ditelaah peningkatan kemampuan representasi ditinjau dari kelompok siswa yaitu kelompok atas dan kelompok bawah. Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pretes dan postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan representasi matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 25 Bandarlampung dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposif dari tujuh kelas yang ada. Analisis data dilakukan uji perbedaan rerata dua populasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model Eliciting Activities pada kelompok atas maupun pada kelompok bawah secara statistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

References

Ansari, B.I. (2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMU Melalui Strategi ThinkTalk-Write.

Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.

As’ari, A. (2001). Representasi: Pentingnya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. 2, 81-91.

Dewanto, S. P. (2007). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel

Matematis Mahasiswa Melalui Belajar Berbasis-Masalah. Disertasi. UPI:

Tidak diterbitkan.

Diefes-Dux, H.A., Salim, A. (2009). Problem Formulation during Model-Eliciting Activities: Characterization of First Year

Student’s Responses. Proceeding of the Research in Engineering

Symposium 2009, Palm Cove, QLD.

Diefes-Dux, H.A., Verleger, M. A. (2009). Student Reflections on Peer Reviewing Solutions to Model-Aliciting Activities.

Eric, C. C. M. (2008). Using Model-Eliciting Activities for Primary Mathematics Classrooms. The Mathematics Educator, Vol. 11, No. ½, 47-66.

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. [Online]. Tersedia:

http://www.physics.indiana.edu/~sdi/Analyzingchange-Gain.pdf.

Hall, C. S., Lindzey, G., dan Campbell, J. B. (1998). Theories of Personality. Third Edition. New York: John Willey and Sons, Inc.

Hasanah, A. (2004). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan

Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui

Pembelajaran Berbasis Masalah yang Menekankan pada Representasi

Matematik. Tesis. UPI: Tidak diterbitkan.

Hill, W.F. (2009). Theories of Learning: Konsepsi, Komparasi, dan Signifikansi. Bandung: Nusa Media.

Hjalmarson, M. A., Diefes-Dux, H. Teacher as Designer: A Framework for Teacher Analysis of Mathematical Model-Eliciting Activities. The

Interdisciplinary Journal of Problembased Learning, Vol. 2, No. 1,pp.57-78.

Hudiono, B. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.

Hutabarat, D. (2009). Studi Perbandingan Kemampuan Penalaran dan

Representasi Matematis pada Kelompok Siswa yang Belajar Inkuiri dan Biasa. Tesis. UPI: Tidak diterbitkan

Hutagaol, K. (2007). Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Indriani, Lely. (2008). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelegence terhadap Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Skripsi. UPI: Tidak diterbitkan.

Lesh, R., Hoover, M., Hole, B., Kelly, A., & Post, T. (2000). Principles for

Developing Thought-Revealing Activities for Students and Teachers.

[Online]. Tersedia: http://www.cehd.umn. edu/rationalnumberproject/

_2.html

Maddy, S. R. (1968). Personality Theories: A Comparative Analysis. Illinois: The Dorsey Press.

Marsh, H.W., Baumert, J., Koller, O. (2001). Reunification of East and West German School Systems: Longitudinal Multilevel Modeling Study of the BigFish-Little-Pond Effect on Academic Self-Concept. American Educational Research Journal. Vol. 38, No. 2, pp.321-350.

Mulyana, T. (2009). Mencari Pembelajaran yang Sesuai dengan Tuntutan Kurikulum Matematika 2009. Makalah.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Ruseffendi, H. E. T. (1993). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2019-07-30