UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PKN MATERI TATA URUTAN PERATURAN PERUNDANG- UNDANGAN DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI 006 Kabun SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Sugito . Guru SD Negeri 006 Kabun Rokan Hulu

Keywords:

aktivitas, hasil belajar, jigsaw

Abstract

Di SDN 006 Kabun khususnya pembelajaran PKn dalam penyampaian materi yang dilakukan guru dengan konvensional yang membuat siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian perlu dilakukan pembelajaran yang dapat meningkat kan aktivitas maupun hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SDN 006 Kabun Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 14 siswa. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data Teknik pengumpulan datadengan menggunakan lembar observasi, teknik tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini buktikan dari hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan aktivitas belajar pada setiap siklusnya, dimana pada kondisi awal hanya ada 3 siswa atau 21,43% meningkat menjadi 8 siswa atau 57,14% dan 14 siswa atau 100% pada siklus terakhir. Penjelasan peningkatan hasil dan ketuntasan belajar jugameningkat pada setiap siklusnya dari 56,43 menjadi 65,00 dan 76,43 pada siklus kedua. Hal tersebut juga dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal dimana pada kondisi awal hanya terdapat 2 siswa atau 14,29% meningkat menjadi 50,00% atau 7 siswa dan 13 siswa atau 92,86% pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN006 Kabun Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Arikunto, S 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asmani, Jamal. 2010. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter.

Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Corebima, A. Duran, 2002. Pembelajaran Kooperatif, Jakarta: Depdikbud

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Depdinkas.2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19

tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan. Nasional

Dimiyati dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka

Cipta

Dimyati & Mudjiono. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Proyek

Pembinaan dan Peningkatan Mutu Kependidikan, Dirjen Dikti Depdikbud

Hamalik, Oemar, 2007, Evaluasi Kurikulum Pendekatan Sistematik,

Bandung:Bumi Aksara

Ibrahim, 2002.Pembelajaran Kooperatif, Universitas Press: UNESA

Maleong, Ibrahim, Muslimin, dkk. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press

Ittihad, Zainul Amin. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas

Terbuka, Jakarta.

Lexy J. Moleong. 2000. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Nunnally, J.C. 1978. Psychometric Theory. McGraw.

Pemerintah Republik Indonesia, 2005, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.

Rindel D.W. 2009. Mediteranean Climate Ecosystem. Academi Press.

San Diego. LA Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sagala, 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran,

Bandung: Sinar Baru

Sardiman, AM. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Satori, Djamaan dan Aan Komariah., 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif,. Bandung: Alfabeta

Slavin, 2005. Strategi Belajar Mengajar, Depdikbud: Jakarta

Slavin, Robert E. 2003. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung.

Downloads

Published

2019-07-30