PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VI SD NEGERI 016 KUNTO DARUSSALAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Authors

  • Sumarno . Guru SD N 016 Kunto Darussalam Rokan Hulu

Keywords:

STAD, aktivitas, hasil belajar

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas VI SDN 016 Kunto Darussalamdiketahui aktivitas dan hasil belajarsiswa masih rendah khususnya pada pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar siswa kelas VI DN 016 Kunto Darussalam rmelalui penerapan model CooperativeLearningtipeStudent Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang memilikitahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukandalam dua pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI DN 016 Kunto Darussalam denganjumlah siswa sebanyak 16 siswa terdiri dari siswa laki-laki … siswa dan perempuan …. siswa. Data yang diperlukandiperoleh melalui observasi, dokumentasu dan tes menggunakan soal-soal tes. Validitas data dilakukan dengan tekniktriangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model Cooperative Learning tipeStudent Teams Achievement Division (STAD), dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun hasil rata-rata tes formatif secara individu adalah sebagai berikut : kondisi awal sebesar 65,50, siklus I adalah 74,56, siklus II adalah 83,00 dengan ketuntasan belajar dari 2 siswa atau 12,50% menjadi 62,50%, atau 10 siswa dan 93,75% atau 15siswa pada siklus terakhir serta penilaian hasil observasi aktivitas belajar yang juga meningkat di mana pada kondisiawal sebesar 18,75% atau 3 siswa, siklus I sebesar 62,50% atau 10 siswa, meningkat menjadi 100% atau 16 siswa.Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas VI DN 016 Kunto Darussalam

References

A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Agustien, Helena H. 2004. “Rasional Perubahan Kurikulum”. Makalah pada

Diskusi Penilaian Buku di Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan

Nasional

Ali Imran. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya

Ali, Muhammad. 2004. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modren. Jakarta:Pustaka Amani

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Atkinson, Rita L., Atkinson, Richard C., & Hilgard, Ernest R. 1997. Pengantar Psikologi Ed. 8, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga

BSNP. 2006a. Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Cholisin. 2000. Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan

Kewarganegaraan. UNY. Yogyakarta.

Clark. 1981. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.

Daryono. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Didi Sutardi, dkk. 2007 Pembaharuan Dalam PBM di Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Hadari Nawawi. 2006. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan

Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Hasibuan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Joyce, B., Weil, M., and Shower, B. 1992 Models of Teaching. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. 1989. Balai Pustaka. Jakarta

Karli, Hilda dan Margaretha. 2002. Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi 2. Bandung : Bina Media Informasi

Kasihani Kasbolah. 1999. Penelitian Tindakan Kelas PTK. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Miles, B.B., dan A.M. Huberman, 1992, Analisa Data Kualitatif, UI Press Jakarta

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution S. 2003. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Edisi 1. Jakarta:

Bumi Aksara.

Nur, M dan Kardi, S. 2000. Pengajaran Langsung. Pusdat Sains dan Matematika Sekolah Program Pasca Sarjana. UNESA

Nurulwati. 2000. Model-model Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Oemar Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Remaja Rosda Karya

Rahman, Masykur Arif. 2011. KesalahanKesalahan Fatal Paling Sering

Dilakukan Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Jogjakarta: Diva

Press.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Samsuri, 2011. Pendidikan Karakter Warga Negara, Kritik Pembangunan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: theory, research and practice N. Yusron. Terjemahan. London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005

Sudjana N. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengaja. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2004. Landasan Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Surya, Moh. 1981. Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung: FIP IKIP Bandung

Suryabrata, Sumardi. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Tusilawati, Hefi. 2010. Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Usman, Moh Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Downloads

Published

2019-07-30