MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK FUNGSI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS VIII-1 SMPN 1 RAMBAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Keywords:
Strategy study of The Power Two of (both strength), result learn mathematicsAbstract
This research of background overshadow by the lowering of result learn student and awareness of teacher to apply a study model which was inovatif. This research is Research Action Class. Result of perception analysed descriptively narrative with aim to to isn't it concerning student activity and teacher during study process take place, while tes result of learning to be analysed with analysis attainment of Complete Criterion of Minimum (KKM) to know there or him don’t the make-up of result learn student before and after applying of strategy study of The Power Two of. Result of research show the existence of improvement of result learn class student mathematicsof VIII5 SMPN 1 Rambah Kabupaten Rokan Hulu.References
Agus Suprijono. 2012. Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Anita Lie. 2010. Cooperative Learning:
Memperaktikkan Cooperative
Learning di Ruang-Ruang Kelas.
Jakarta: Grasindo.
Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta. Rineka
Cipta.
Erman Suherman. 2001. Strategi
Pembelajaran Matematika
Kontemporer. Bandung: JICA.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad.
Belajar dengan Pendekatan
PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Hisyam Zaini, dkk. 2008. Strategi
Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:
Pustaka Insan Madani.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: GP Press.
Kunandar. 2011. Guru Profesional
Implemetasi Kurikulum Tingkat
Satuan pendidikan (KTSP) dan
sukses dalam Sertifikasi Guru.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nana Sudjana. 2011. Dasar-Dasar
Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nuri Armaida Sari. 2012. Penerapan
Strategi The Power of Two
(Kekuatan Berdua) untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas VIIIB
SMPN 1 Batang Cineku. Skripsi
Pendidikan Matematika dan IPA,
Universtitas Islam Riau.
Oemar Hamalik. 2009. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Permendiknas. 2007. Standar Proses
untuk Satuan Pendidikan Dasar
dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Rohmatun. 2013. Penerapan Strategi The
Power of Two untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas V SD Negeri 42 Pekanbaru.
Skripsi. Pendidikan Matematika
dan IPA, Universtitas Islam Riau.
Silberman L. Melvin. 2010. Active
Learning : 101 Cara Belajar Siswa
Aktif. Bandung: Nusamedia.
Sri Rezeki. 2009. Analisa Data dalam
Penelitian Tindakan Kelas.
Makalah dasajikan dalam seminar
pendidikan Matematika guru
SD/SMP/SMA/; se-Riau di PKM
UIR, Pekanbaru, 7 November 2009.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2011.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara.
Suhermi, Sehatta Saragih. 2006. Strategi
Pembelajaran Matematika.
Pekanbaru: Cendikia Insani
Pekanbaru.
Wahyudin. 1999. Kemampuan Guru
Matematika, Calon Guru
Matematika, dan Siswa dalam Mata
Pelajaran Matematika. Disertasi
Doktor pada PPS UPI: Tidak
diterbitkan.