ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER TIGA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN DALAM MENGIDENTIFIKASI PESAN MORAL DI CERITA NARATIF

Authors

  • Pipit Rahayu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian ABSTRAK

Keywords:

Kemampuan, Pesan Moral, Cerita Naratif

Abstract

Permasalahan dari penelitian desktiptif ini adalah masih rendahnya kemampuan analisis mahasiswa semester tiga prodi pendidikan bahasa inggris Universitas Pasir Pengaraian dalam mengidentfikasi pesan moral di sebuah cerita naratif. Hal ini bisa saja terjadi diakibatkan karena kurangnya frekuensi dan latihan yang diberikan kepada mahasiswa untuk hal tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa tidak semua dari mahasiswa tersebut memiliki kemampuan mengidentifikasi pesan moral dalam sebuah cerita naratif yang bagus. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal diantaranya kurangnya latihan maupun sulitnya mahasiswa tersebut untuk memahami isi dan makna cerita.

References

Carel et al. 1998. Interactive

Aproaches to Second Language

Reading. Camridge University

Press. United States of America..

Goldman. S., & Rakestraw, J. (2000).

Structural aspect of contruction

meaning from text. In M. Kamil.

P. Mosenthal, P.D. Pearson , &R.

Barr (Eds.), Handbook of reading

research (Vol.3, pp.331-335).

Mahwah, NJ: Erlbaum

Heaton,J.B.1991. Writing English

Language Test (New Edition).

London: Longman Group UK.

Limited.

Hornby, A.s. 2000. Oxford Advance

Learner’s Dictionary of Current

English England: Oxfords

University Press

Mc Neil, John D. 1998. How to teach

reading successfully. Boston.

Brown and company.

Nur Kencana, Wayan and P.PN

Sunartana. 1986. Evaluasi

Pendidikan, Surabaya: Surabaya

Zhi – Hong, Cao. 2007. The effect of

learning strategies on reading

comprehension. Retrieved:

oktober 2012. www.

Linguist.org.en

Downloads

Published

2014-12-23