PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM SISTEM PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA DI UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN

Authors

  • Rindi Genesa Hatika Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Multimedia, Learning Physics

Abstract

Learning physics is supposed that a difficult subject, most of the students whohad studied physics only understand the formula physics, without comprehending the basic concepts that’s implied in physics itself. Therefore, the objectives of the study was to find out the learning outcomes if the student taught physics by using ofmultimedia in physics education program, the University of Pasir Pengaraian. The research designed was a pre experiment ; the One Shot Case Study. The sample of the research was the fourth semester students of physical education program who tookcourses in introductory physics core

References

Arsyad, Azhar. 2009. Media

Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media

dan Strategi Pembelajaran

Konstektual (Inovatif). Bandung :

Yrama Widya.

Dayanti Rahma. 2009. Faktor-Faktor

yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Siswa Kelas 1 Pada Mata Pelajaran

IPS di SMK PGRI Bangkinang.

Skripsi. Program Studi Pendidikan

Ekonomi Universitas Riau.

Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan

Proses Belajar Mengajar.

Depdikbud. Jakarta

Gautreau, Ronald & Savin, William.

Fisika Modren Edisi Kedua.

Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamzah B Uno.2007. Teori Motivasi dan

Pengukurannya. Jakarta : Bumi

Aksara.

Hardianto. 2012. Belajar dan

Pembelajaran. UPP: Universitas

Pasir Pengaraian.

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan

Pembelajaran Sains. Bandung:

Pustaka Reka Cipta.

McDermott, L.C. & PEG.(2004). Physics

by Inquiry. [Online] Tersedia:

http://www.phys.washington.edu/R

Goups/peg/pbi.html

Prabu, A. dan Markus, I.M. 2006.

Efektifitas Penggunaan Software

Pesona Fisika dalam Pembelajaran

Fisika di SMA Santa Ursula BSD.

Rahman, Arif Kurnia. 2011. Penerapan

Model pembelajaran kooperatif tipe

number heads untuk meningkatkan

aktivitas belajar dan hasil belajar

peserta didik kelas VII-B semester

genap MTsN Kangkung Kendal

Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi.

Online.

Saiful bahri Djamarah dan Azwan Zain.

Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, Yuliana. 2006. Hasil Belajar Fisika

Melalui Penerapan Pembelajaran

Kooperatif dengan Strategi Index Card Match (Mencari Pasangan)

pada Siswa Kelas VII SMP Negeri

Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru:

Universitas Riau

Siti Nurohomah, Eko Setya Kurniawan

dan Ashari, 2012. Pemanfaatan

kartun fisika sebagai media

pembelajaran untuk meningkatkan

motivasi belajar pada siswa kelas

VII MTs N Purworejo. Radiasi.

Vol. I

Sugiharti, P., 2005, “Penerapan Teori

Multiple Intelligence dalam

Pembelajaran Fisika,”

[Versielektronik] Jurnal Pendidikan

Penabur 5, 29-42.

Zuhri D. 2009. Penilaian Hasil Belajar

Matematika.Pekanbaru: Pusbangdik

Downloads

Published

2015-07-23