PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM SISTEM PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA DI UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN
Keywords:
Multimedia, Learning PhysicsAbstract
Learning physics is supposed that a difficult subject, most of the students whohad studied physics only understand the formula physics, without comprehending the basic concepts that’s implied in physics itself. Therefore, the objectives of the study was to find out the learning outcomes if the student taught physics by using ofmultimedia in physics education program, the University of Pasir Pengaraian. The research designed was a pre experiment ; the One Shot Case Study. The sample of the research was the fourth semester students of physical education program who tookcourses in introductory physics coreReferences
Arsyad, Azhar. 2009. Media
Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media
dan Strategi Pembelajaran
Konstektual (Inovatif). Bandung :
Yrama Widya.
Dayanti Rahma. 2009. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Siswa Kelas 1 Pada Mata Pelajaran
IPS di SMK PGRI Bangkinang.
Skripsi. Program Studi Pendidikan
Ekonomi Universitas Riau.
Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan
Proses Belajar Mengajar.
Depdikbud. Jakarta
Gautreau, Ronald & Savin, William.
Fisika Modren Edisi Kedua.
Jakarta: Erlangga.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamzah B Uno.2007. Teori Motivasi dan
Pengukurannya. Jakarta : Bumi
Aksara.
Hardianto. 2012. Belajar dan
Pembelajaran. UPP: Universitas
Pasir Pengaraian.
Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan
Pembelajaran Sains. Bandung:
Pustaka Reka Cipta.
McDermott, L.C. & PEG.(2004). Physics
by Inquiry. [Online] Tersedia:
http://www.phys.washington.edu/R
Goups/peg/pbi.html
Prabu, A. dan Markus, I.M. 2006.
Efektifitas Penggunaan Software
Pesona Fisika dalam Pembelajaran
Fisika di SMA Santa Ursula BSD.
Rahman, Arif Kurnia. 2011. Penerapan
Model pembelajaran kooperatif tipe
number heads untuk meningkatkan
aktivitas belajar dan hasil belajar
peserta didik kelas VII-B semester
genap MTsN Kangkung Kendal
Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi.
Online.
Saiful bahri Djamarah dan Azwan Zain.
Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Sari, Yuliana. 2006. Hasil Belajar Fisika
Melalui Penerapan Pembelajaran
Kooperatif dengan Strategi Index Card Match (Mencari Pasangan)
pada Siswa Kelas VII SMP Negeri
Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru:
Universitas Riau
Siti Nurohomah, Eko Setya Kurniawan
dan Ashari, 2012. Pemanfaatan
kartun fisika sebagai media
pembelajaran untuk meningkatkan
motivasi belajar pada siswa kelas
VII MTs N Purworejo. Radiasi.
Vol. I
Sugiharti, P., 2005, “Penerapan Teori
Multiple Intelligence dalam
Pembelajaran Fisika,”
[Versielektronik] Jurnal Pendidikan
Penabur 5, 29-42.
Zuhri D. 2009. Penilaian Hasil Belajar
Matematika.Pekanbaru: Pusbangdik