ROLE PLAY STRATEGY IN TEACHING SPEAKING
Keywords:
Kemampuan Berbicara, Strategi Role PlayAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan strategi role play menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi masalah pada kemampuan Mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data kualitatif didapatkan melalui observasi dan catatan harian, sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui tes. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi role play telah sukses sejak ada peningkatan pada kemampuan berbicara Mahasiswa. Hasil dari penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbicara Mahasiswa dari rata-rata siklus I hingga pada siklus IIReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Yogyakarta: PT Rineka
Cipta.
Budden, Joanna. (2006). Role Play.
London: BBC.
Bachman, Lyle F. (2002). Assessing
Speaking. Cambridge University
Press.
Diyah, Ayu. (2007). Using Role Play in
Teaching Speaking. UIN.
Dananjaya, Utomo. (2013). Media
Pembelajaran Aktif. Nuansa
Cendikia.
Gay, L.R.1987.Education Research.
USA:Merrie Publishing Company.
Hormailis,2003. The Use of Group Work
Technique for the improvement of
Speaking Ability the Second Year
Student on MAN 2 Pekanbaru
Pekanbaru: A Thesis Unpublished
Paper.
Hughes, Arthur, 1985. Testing for
Language Teacher. Jakarta:
Camridge University Press
Nunan, David. 1999. Second Language
Teaching and Learning.
Massachusetts :Heinle publisher
Rahayu, Pipit. (2009). Improving
Students’ Motivation and Speaking
Skill Through Negotiated Material
based on Current Syllabus at Grade
IX Accounting of SMK N 1 Pasir
Pengaraian Rokan Hulu.
Ricahrds, Jack. 1985. Person-To-Person
Communicative Speaking and
Listening Skills, Book I. England:
Oxford University Press.
Ricahrds, Jack. 1985. Person-To-Person
Communicative Speaking and
Listening Skills, Book II. England:
Oxford University Press.
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian
Pendidikan: Jenis, Metode dan
Prosedur, 154-155.Prenada media
Group: Jakarta.
Sayekti, Indrani. (2014). Applying Audio
Lingual Method in English
Speaking Class of Grade 11th
SMAN 1 Prambanan-Klaten.
Ahmad Dahlan University.
Sunardi.(2013). Teaching Speaking
Ability through Role Play,
Tanjung Pura University.
Thornbury, Scott. (2005). How to Teach
Speaking. Pearson Education
Limited.
Umam, Chothibul. (2009). Improving
Students' Speaking Ability through
Role-Playing Strategy. STAIN.