PENERAPAN STRATEGI BELAJAR DENGAR LIHAT KERJAKAN (DELIKAN) BERBASIS LABORATORIUM MINI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA SMA KELAS X MIA

Authors

  • Sohibun - Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

strategi dengar-lihat-lakukan (DeLikan) berbasis laboratorium mini, keterampilan proses sains (KPS), besaran dan satuan

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran penggunaan strategi pembelajaran dengar-lihat-lakukan (DeLiKan) berbasis labortorium mini terhadap keterampilan prosessains (KPS) siswa pada materi besaran dan satuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain “one shot case study” yang dilaksanakan di kelas X MIA 1 salah satuSMA di kabupaten Rokan Hulu Riau pada tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan proses sains Berdasarkan hasil analisis data diperoleh indikatorKPS sebesar: mengamati 89.23%, berkomunikasi 59.49%, meramalkan 10.26%, menafsirkan pengamatan 33.33% dan menerapkan konsep 85.32%%. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwapembelajaran dengan strategi pembelajaran dengar-lihat-lakukan (DeLiKan) berbasis laboratorium mini, berdampak baik pada keterampilan proses sains (KPS) siswa.

References

Arikunto S., 1993, Manajemen Pengajaran,

Rieneka Cipta, Jakarta.

Depdikbud., 1986, Metodologi Penelitian,

Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan Proyek Pengembangan

Institusi Pendidikan Tinggi.

Depdikbud., 1994, Petunjuk Pelaksanaan Proses

Belajar Mengajar, Depdikbud, Jakarta.

Depadiknas, 2003, Standar Kompetensi Pelajaran

Sains Sekolah Menengah atas, Jakarta.

Depdiknas., 2004, Kurikulum Mata Pelajaran

Sains SMP dan MTs, Depdiknas,

Jakarta.

Djamarah., 1994, Prestasi Belajar dan

Kompetensi Guru, Usaha Nasional,

Jakarta.

Ibrahim, M., Rachmadiarti., Nur, M., dan Ismono,

(2000). Pembelajaran Kooperatif.

UNESA, Surabaya.

Ibrahim, M., 2006, Strategi Assesmen dan

Pengembangannya, Makalah

disampaikan pada pelatihan strategi

pembelajaran bagi Dosen Jurusan

PMIPA, FKIP UNRI, Pekanbaru.

Kanginan, Marthen., 2004, Sains fisika 2A,

Erlangga, Jakarta.

Kanginan, Marthen., 2006, IPA Fisika untuk SMP

kelas VIII, Erlangga, Jakarta.

Lie, 2004, Pembelajaran Kooperatif. Grasindo,

Jakarta.

Lungren. dan Sri, B., 1999, Pembelajaran

Kooperatif, Jakarta.

Maidiyah, 1998, Metode Mengajar, Jakarta,

Gramedia.

Nasution, M., 1998, Berbagai Pendekatan Dalam

Proses Belajar Mengajar, Rineka Cipta,

Jakarta

Prasodjo, Budi., 2006, Teori dan Aplikasi Fisika,

Yudhistira, Bogor.

Sagala, Syaiful., 2005, Konsep dan Makna

Pembelajaran, Alfabeta, Bandung.

Sardiman, A.M, 2001, Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar, Raja Grafindo

Persada, Jakarta.

Silberman, M.L., 2006, Aktive Learning : 101

Cara Belajar Siswa Aktif, Terjemahan

Raisul Muttaqien, Nusamedia,

Bandung.

Downloads

Published

2015-11-27