PENERAPAN STRATEGI BELAJAR DENGAR LIHAT KERJAKAN (DELIKAN) BERBASIS LABORATORIUM MINI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA SMA KELAS X MIA
Keywords:
strategi dengar-lihat-lakukan (DeLikan) berbasis laboratorium mini, keterampilan proses sains (KPS), besaran dan satuanAbstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran penggunaan strategi pembelajaran dengar-lihat-lakukan (DeLiKan) berbasis labortorium mini terhadap keterampilan prosessains (KPS) siswa pada materi besaran dan satuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain “one shot case study” yang dilaksanakan di kelas X MIA 1 salah satuSMA di kabupaten Rokan Hulu Riau pada tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan proses sains Berdasarkan hasil analisis data diperoleh indikatorKPS sebesar: mengamati 89.23%, berkomunikasi 59.49%, meramalkan 10.26%, menafsirkan pengamatan 33.33% dan menerapkan konsep 85.32%%. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwapembelajaran dengan strategi pembelajaran dengar-lihat-lakukan (DeLiKan) berbasis laboratorium mini, berdampak baik pada keterampilan proses sains (KPS) siswa.References
Arikunto S., 1993, Manajemen Pengajaran,
Rieneka Cipta, Jakarta.
Depdikbud., 1986, Metodologi Penelitian,
Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan Proyek Pengembangan
Institusi Pendidikan Tinggi.
Depdikbud., 1994, Petunjuk Pelaksanaan Proses
Belajar Mengajar, Depdikbud, Jakarta.
Depadiknas, 2003, Standar Kompetensi Pelajaran
Sains Sekolah Menengah atas, Jakarta.
Depdiknas., 2004, Kurikulum Mata Pelajaran
Sains SMP dan MTs, Depdiknas,
Jakarta.
Djamarah., 1994, Prestasi Belajar dan
Kompetensi Guru, Usaha Nasional,
Jakarta.
Ibrahim, M., Rachmadiarti., Nur, M., dan Ismono,
(2000). Pembelajaran Kooperatif.
UNESA, Surabaya.
Ibrahim, M., 2006, Strategi Assesmen dan
Pengembangannya, Makalah
disampaikan pada pelatihan strategi
pembelajaran bagi Dosen Jurusan
PMIPA, FKIP UNRI, Pekanbaru.
Kanginan, Marthen., 2004, Sains fisika 2A,
Erlangga, Jakarta.
Kanginan, Marthen., 2006, IPA Fisika untuk SMP
kelas VIII, Erlangga, Jakarta.
Lie, 2004, Pembelajaran Kooperatif. Grasindo,
Jakarta.
Lungren. dan Sri, B., 1999, Pembelajaran
Kooperatif, Jakarta.
Maidiyah, 1998, Metode Mengajar, Jakarta,
Gramedia.
Nasution, M., 1998, Berbagai Pendekatan Dalam
Proses Belajar Mengajar, Rineka Cipta,
Jakarta
Prasodjo, Budi., 2006, Teori dan Aplikasi Fisika,
Yudhistira, Bogor.
Sagala, Syaiful., 2005, Konsep dan Makna
Pembelajaran, Alfabeta, Bandung.
Sardiman, A.M, 2001, Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar, Raja Grafindo
Persada, Jakarta.
Silberman, M.L., 2006, Aktive Learning : 101
Cara Belajar Siswa Aktif, Terjemahan
Raisul Muttaqien, Nusamedia,
Bandung.