PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII10 SMP NEGERI 13 PEKANBARU

Authors

  • Ratri Isharyadi Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif, Think Pair Square, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural Think Pair Square(TPS).Penelitian tindakan kelas kolaboratif yang diterapkan pada kelas VII10 SMPN 13 Pekanbaru dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural Think Pair Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa

References

Arikunto, S., Suhardjono., dan Supardi,

, Penelitian Tindakan Kelas,

Bumi Aksara, Jakarta.

Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M.,

dan Ismono., 2000,Pembelajaran

Kooperatif, University Pers,

Surabaya.

Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007

tentang Standar Penilaian

Pendidikan.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006

tentang Standar isi.

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007

tentang Standar Proses.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R & D,

Alfabeta, Bandung.

Suyanto., 1997, Pedoman Pelaksanaan

Penelitian Tindakan Kelas, Dikti

Depdikbud, Yogyakarta.

Sukmadinata, N, S., 2005, Metode

penelitian pendidikan, PT Remaja

Rosda Karya, Bandung.

Tirtarahardja, U., dan La Sulo., 2005,

Pengantar Pendidikan, Rineka

Cipta, Jakarta

Downloads

Published

2016-03-10