PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII10 SMP NEGERI 13 PEKANBARU
Keywords:
Model pembelajaran kooperatif, Think Pair Square, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural Think Pair Square(TPS).Penelitian tindakan kelas kolaboratif yang diterapkan pada kelas VII10 SMPN 13 Pekanbaru dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural Think Pair Square dapat meningkatkan hasil belajar siswaReferences
Arikunto, S., Suhardjono., dan Supardi,
, Penelitian Tindakan Kelas,
Bumi Aksara, Jakarta.
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M.,
dan Ismono., 2000,Pembelajaran
Kooperatif, University Pers,
Surabaya.
Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007
tentang Standar Penilaian
Pendidikan.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006
tentang Standar isi.
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
tentang Standar Proses.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R & D,
Alfabeta, Bandung.
Suyanto., 1997, Pedoman Pelaksanaan
Penelitian Tindakan Kelas, Dikti
Depdikbud, Yogyakarta.
Sukmadinata, N, S., 2005, Metode
penelitian pendidikan, PT Remaja
Rosda Karya, Bandung.
Tirtarahardja, U., dan La Sulo., 2005,
Pengantar Pendidikan, Rineka
Cipta, Jakarta