PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN AKTIVITAS SETTING LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD NEGERI 002 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Darmawati - 1SD Negeri 02 Rambah Kabupaten Rokan Hulu

Keywords:

Team Games Tournament (TGT), Environmental Activity Setting, learning outcomes

Abstract

The research aims studying the Influence of Cooperative Learning Model of Team Games Tournament (TGT) Type and Environmental Activity Setting to Students Learning Outcomes in Science Subjects. This experiment research was conducted inSD Negeri 002 Rambah on the First Semester in the academic year 2014-2015. This research involved grade VI which students of VIC as experimental class and VIA grade students as a control class. It is a random sampling. This research uses quasiexperimenta model with 2 x 2 factorial designs. The result of the research of the Influence of Cooperative Learning Model of Team Games Tournament (TGT) Type and Environmental Activity Setting To Students Learning Outcomes in ScienceSubjects shows: (1) The differences in learning outcome of students in science subject taught by using Cooperative Learning model Team Games Tournament (TGT) and conventional learning model.

References

Abbas, Abdul Kholiq dan Sastra Adiwijaya. 2002. Kamus Lengkap

Biologi. Surabaya: Permata Indah

Arikunto, Suharsimi 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya Departemen Pendidikan Nasional. 2006.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP

Dimyati, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta

Djamarah, S.B., 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Eggan, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Husamah. 2013. Outdoor Learning. Jakarta. Prestasi Pustaka Raya.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Irianto, Agus. 2012. Statistik. Jakarta: Kencana.

Lie, Anita.2008. Cooperative Learning. Jakarta. Grasindo.

Maryam, Siti R. 2012 Metode Ceramah dalam pembelajaran (Metode Konvensional) (Online), (http://www.rofayuliaazhar.com/2012/06/metode-ceramah-dalam pembelajaran.html/, diakses 13 April 2015)

Megawati. 2010. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMA Negri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Tesis tidak diterbitkan. Padang: UNP

Mukhtar dan Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Bebasis TIK.

Jakarta: Refrensi

Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar &

Mengajar. Jakarta. Bumi Akasara.

Nurhidayah, Siti. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooeratif

Tipe Teams Games Tournament.

(TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas, Sikap, Ilmiah, dan Hasil

Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XII IPA1 di SMA 2 Siak Hulu

Kabupaten Kampar. Tesis tidak diterbitkan. Padang: UNP

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Riduwan. 2013. Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabet

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rohman, M dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengem

bangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sadiman, A.S., dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media Bandung

_____. 2010. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media Bandung

Sudjana. 2005. Metode Statistik Penelitian Suatu Pengantar.

Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung. Wacana

Prima.

Supriatni Nani. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 04 Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Pelajaran

/2012. . Tesis tidak diterbitkan. Padang: UNP.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Sutikno, Sobry M. 2009. Belajar dan

Pembelajaran. Bandung: Prospect

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.

Jakarta. Kencana

_____. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.

Jakarta. Kencana

Downloads

Published

2016-08-06