PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN AKTIVITAS SETTING LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD NEGERI 002 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU
Keywords:
Team Games Tournament (TGT), Environmental Activity Setting, learning outcomesAbstract
The research aims studying the Influence of Cooperative Learning Model of Team Games Tournament (TGT) Type and Environmental Activity Setting to Students Learning Outcomes in Science Subjects. This experiment research was conducted inSD Negeri 002 Rambah on the First Semester in the academic year 2014-2015. This research involved grade VI which students of VIC as experimental class and VIA grade students as a control class. It is a random sampling. This research uses quasiexperimenta model with 2 x 2 factorial designs. The result of the research of the Influence of Cooperative Learning Model of Team Games Tournament (TGT) Type and Environmental Activity Setting To Students Learning Outcomes in ScienceSubjects shows: (1) The differences in learning outcome of students in science subject taught by using Cooperative Learning model Team Games Tournament (TGT) and conventional learning model.References
Abbas, Abdul Kholiq dan Sastra Adiwijaya. 2002. Kamus Lengkap
Biologi. Surabaya: Permata Indah
Arikunto, Suharsimi 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya Departemen Pendidikan Nasional. 2006.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP
Dimyati, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta
Djamarah, S.B., 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Eggan, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Husamah. 2013. Outdoor Learning. Jakarta. Prestasi Pustaka Raya.
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Irianto, Agus. 2012. Statistik. Jakarta: Kencana.
Lie, Anita.2008. Cooperative Learning. Jakarta. Grasindo.
Maryam, Siti R. 2012 Metode Ceramah dalam pembelajaran (Metode Konvensional) (Online), (http://www.rofayuliaazhar.com/2012/06/metode-ceramah-dalam pembelajaran.html/, diakses 13 April 2015)
Megawati. 2010. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMA Negri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Tesis tidak diterbitkan. Padang: UNP
Mukhtar dan Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Bebasis TIK.
Jakarta: Refrensi
Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar &
Mengajar. Jakarta. Bumi Akasara.
Nurhidayah, Siti. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooeratif
Tipe Teams Games Tournament.
(TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas, Sikap, Ilmiah, dan Hasil
Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XII IPA1 di SMA 2 Siak Hulu
Kabupaten Kampar. Tesis tidak diterbitkan. Padang: UNP
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Riduwan. 2013. Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabet
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rohman, M dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengem
bangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Sadiman, A.S., dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slavin. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media Bandung
_____. 2010. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media Bandung
Sudjana. 2005. Metode Statistik Penelitian Suatu Pengantar.
Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung. Wacana
Prima.
Supriatni Nani. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 04 Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Pelajaran
/2012. . Tesis tidak diterbitkan. Padang: UNP.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Sutikno, Sobry M. 2009. Belajar dan
Pembelajaran. Bandung: Prospect
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta. Kencana
_____. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta. Kencana