EFEKTIVITAS METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK FISIKA SISWA SMA NEGERI 3 RAMBAH HILIR
Keywords:
Practical Method, Learning Physics, Psychomotor AbilitiesAbstract
This research aims to determine the psychomotor abilities of student in learning physics based on practical method in SMA Negeri 3 Rambah Hilir. The design used in this research is the design of One-Shot Case Study. While the sample of thisresearch is the class XA SMA Negeri 3 Rambah Hilir by the number of students is 27 students.Determination of the sample was conducted using purposive sampling technique. The instrument used in this study is in the form of a guide sheet practicum and performance assessment. Data analysis performed in this study is effectiveness ratio to determine how big the percentage of target achieved on the targets set in thepractical implementation. The results of the analysis showed that the average classical completeness is equivalent to 85% with complete categories and the average ratio of effectiveness in classical amounted to 93.1% with the effective category. Thismeans that the use of practical method is effective in the psychomotor abilities of student in learning physics at SMA Negeri 3 Rambah Hilir.References
Adisendjaja, Yusuf, Hilmi. 2008. Kegiatan
Praktikum Dalam Pendidikan
Sain. (online). http://file.
upi.edu/Direktori/Fpmipa/Jur._Pen
d._Biologi/195512191980021
Athhthibby, Arif Rahman. 2010.
Perancangan Media Pembelajaran
Fisika Berbasis Animasi Komputer
Untuk Sekolah Menengah Atas
Pokok Bahasan Hukum-Hukum
Newton Tentang Gerak. Skripsi
Ilmu Pendidikan. (Online)
Kurniasih, Riza Fitroh. 2014. Efektivitas
Pelaksanaan Praktikum Sistematika
Hewan Vertebrata Di Laboratorium
Biologi UMS Ditinjau,Dari
Penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa.
Skripsi thesis, Universitas
Muhammadiyah Surakarta
Muniarti, Eka, Noviyanti. 2011. Metode
Praktikum Untuk Melatih Kemampuan
Psikomotorik Siswa Pada Materi
Tekanan dan Getaran di Kelas VIII
SMP N 1 Kayuagung. diaskses pada
april 2015).
Munte, Denny. 2012. Pengaruh Model
Pembelajaran Advance Organizer
Berbasis Mind Map Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Materi Pokok
Besaran Fisika Dan Satuannya Di
Kelas X Semester 1 SMA N 5
Pemantang Siantar T.P 2012/2013.
Skripsi Pendidikan (Online).
Prasetyarini, Ayomi dkk. 2013.
Pemanfaatan Alat Peraga Ipa
Untuk Peningkatan Pemahaman
Konsep Fisika Pada Siswa Smp
Negeri I Buluspesantren Kebumen
Tahun Pelajaran 2012/2013.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar proses
belajar mengajar. Bandung: Sinar.
Baru Algensindo Offset.
Sugiharti, P., 2005, “Penerapan Teori
Multiple Intelligence dalam Pembelajaran
Fisika,” [Versi elektronik]
Pendidikan Penabur 5, 29-42.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian
pendidikan ( pendekatan kuantitatif,
kualitatif, dan R & D). Bandung:
CV. Alfabeta.
Sutami, Evi. 2014. Hubungan Antara
Penilaian Kinerja Dan Hasil
Belajar Pada Konsep Cahaya
Dengan Metode Ekperimen.
Jakarta: Universitas Islam Negeri
Syarif Hidayatulah. (Online).
Sutarto. 2008. Modul Media Pembelajaran
Fisika/Kimia/Teknik Sekolah
Menengah. Laporan Penelitian.
Jember : FKIP Universitas Jember
Yuniarti, Budi dkk.2014. Pengembangan
Instrumen Penilaian Psikomotorik
Pada Pelaksanaan Praktikum
Fisika Kelas X SMA Negeri 5
Purwerejo. Jawa Tengah:
Universitas Muhammadiyah
Purwerejo. (Online).