EFEKTIVITAS METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK FISIKA SISWA SMA NEGERI 3 RAMBAH HILIR

Authors

  • Rindi Genesa Hatika Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Pasir Pengaraian
  • Pariang Sonang Siregar 2Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania

Keywords:

Practical Method, Learning Physics, Psychomotor Abilities

Abstract

This research aims to determine the psychomotor abilities of student in learning physics based on practical method in SMA Negeri 3 Rambah Hilir. The design used in this research is the design of One-Shot Case Study. While the sample of thisresearch is the class XA SMA Negeri 3 Rambah Hilir by the number of students is 27 students.Determination of the sample was conducted using purposive sampling technique. The instrument used in this study is in the form of a guide sheet practicum and performance assessment. Data analysis performed in this study is effectiveness ratio to determine how big the percentage of target achieved on the targets set in thepractical implementation. The results of the analysis showed that the average classical completeness is equivalent to 85% with complete categories and the average ratio of effectiveness in classical amounted to 93.1% with the effective category. Thismeans that the use of practical method is effective in the psychomotor abilities of student in learning physics at SMA Negeri 3 Rambah Hilir.

References

Adisendjaja, Yusuf, Hilmi. 2008. Kegiatan

Praktikum Dalam Pendidikan

Sain. (online). http://file.

upi.edu/Direktori/Fpmipa/Jur._Pen

d._Biologi/195512191980021

Athhthibby, Arif Rahman. 2010.

Perancangan Media Pembelajaran

Fisika Berbasis Animasi Komputer

Untuk Sekolah Menengah Atas

Pokok Bahasan Hukum-Hukum

Newton Tentang Gerak. Skripsi

Ilmu Pendidikan. (Online)

Kurniasih, Riza Fitroh. 2014. Efektivitas

Pelaksanaan Praktikum Sistematika

Hewan Vertebrata Di Laboratorium

Biologi UMS Ditinjau,Dari

Penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa.

Skripsi thesis, Universitas

Muhammadiyah Surakarta

Muniarti, Eka, Noviyanti. 2011. Metode

Praktikum Untuk Melatih Kemampuan

Psikomotorik Siswa Pada Materi

Tekanan dan Getaran di Kelas VIII

SMP N 1 Kayuagung. diaskses pada

april 2015).

Munte, Denny. 2012. Pengaruh Model

Pembelajaran Advance Organizer

Berbasis Mind Map Terhadap Hasil

Belajar Siswa Pada Materi Pokok

Besaran Fisika Dan Satuannya Di

Kelas X Semester 1 SMA N 5

Pemantang Siantar T.P 2012/2013.

Skripsi Pendidikan (Online).

Prasetyarini, Ayomi dkk. 2013.

Pemanfaatan Alat Peraga Ipa

Untuk Peningkatan Pemahaman

Konsep Fisika Pada Siswa Smp

Negeri I Buluspesantren Kebumen

Tahun Pelajaran 2012/2013.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar proses

belajar mengajar. Bandung: Sinar.

Baru Algensindo Offset.

Sugiharti, P., 2005, “Penerapan Teori

Multiple Intelligence dalam Pembelajaran

Fisika,” [Versi elektronik]

Pendidikan Penabur 5, 29-42.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian

pendidikan ( pendekatan kuantitatif,

kualitatif, dan R & D). Bandung:

CV. Alfabeta.

Sutami, Evi. 2014. Hubungan Antara

Penilaian Kinerja Dan Hasil

Belajar Pada Konsep Cahaya

Dengan Metode Ekperimen.

Jakarta: Universitas Islam Negeri

Syarif Hidayatulah. (Online).

Sutarto. 2008. Modul Media Pembelajaran

Fisika/Kimia/Teknik Sekolah

Menengah. Laporan Penelitian.

Jember : FKIP Universitas Jember

Yuniarti, Budi dkk.2014. Pengembangan

Instrumen Penilaian Psikomotorik

Pada Pelaksanaan Praktikum

Fisika Kelas X SMA Negeri 5

Purwerejo. Jawa Tengah:

Universitas Muhammadiyah

Purwerejo. (Online).

Downloads

Published

2016-08-06