PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TEKNIK MENCATAT MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA
Keywords:
Model Kooperatif Tipe Think Pair Share, Mind Mapping, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar ma h a siswa pada materi Kalor. Subjek dalam penelitian ini adalah ma h a siswaprogram studi pendidikan biologi yang berjumlah 13 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.Hasil penelitian (a) hasil belajar siswa terdiri dari aspek pemahaman konsep dan aspek kinerja ilmiah. Untuk aspek pemahaman konsep pada siklus I dengan nilai rata-rata 60,58 dan ketuntasan belajar 15,38 % (belum tuntas), pada siklus IIdengan nilai rata-rata 66,35 dan ketuntasan belajar 76,92 % (tuntas), dan pada siklus III dengan nilai rata-rata 74,81 dan ketuntasan belajar 92,31 % (tuntas).References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi
Aksara.
Buzan Tony. 2008. Buku pintar mind
map. Jakarta : PT Gramedia
Pustaka Utama.
Mulyanto, Agus. 2008. Mind Map
Sebagai Sebuah Teknik Mencatat.
http://mulyanto.blogdetik.com
diakses: 20/2/2009.
Teti, R. 2008. Mind Mapping Dalam
Metode Quantum Learning.
http://pkab.wordpress.com.