PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TEKNIK MENCATAT MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA

Authors

  • Ika Daruwati 1Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Model Kooperatif Tipe Think Pair Share, Mind Mapping, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar ma h a siswa pada materi Kalor. Subjek dalam penelitian ini adalah ma h a siswaprogram studi pendidikan biologi yang berjumlah 13 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.Hasil penelitian (a) hasil belajar siswa terdiri dari aspek pemahaman konsep dan aspek kinerja ilmiah. Untuk aspek pemahaman konsep pada siklus I dengan nilai rata-rata 60,58 dan ketuntasan belajar 15,38 % (belum tuntas), pada siklus IIdengan nilai rata-rata 66,35 dan ketuntasan belajar 76,92 % (tuntas), dan pada siklus III dengan nilai rata-rata 74,81 dan ketuntasan belajar 92,31 % (tuntas).

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi

Aksara.

Buzan Tony. 2008. Buku pintar mind

map. Jakarta : PT Gramedia

Pustaka Utama.

Mulyanto, Agus. 2008. Mind Map

Sebagai Sebuah Teknik Mencatat.

http://mulyanto.blogdetik.com

diakses: 20/2/2009.

Teti, R. 2008. Mind Mapping Dalam

Metode Quantum Learning.

http://pkab.wordpress.com.

Downloads

Published

2016-08-06