Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Pada Kecamatan Sabuk Auh

Authors

  • Slamet Riyadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Multicom

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjocs.v7i02.2179

Keywords:

Sistem Informasi Administrasi, MySQL dan Sabak Auh

Abstract

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan adalah pengolahan dan penyajian informasi yang memiliki kemampuan dalam hal kecepatan pemrosesan penyajian informasi, ketepatan waktu, akurasi, relevan, dan kapasitas data yang besar dalam berurusan dengan semua data demografi yang ada di suatu Kecamatan. Saat ini di Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak Provinsi Riau dalam proses pendataan penduduk dan pelayanan masih dilakukan secara manual yaitu masih dengan penulisan di dalam buku agenda berupa mencatat data penduduk dan data surat. Penduduk yang ingin membuat surat tertentu di tulis pada buku agenda tersebut dan pada saat ingin mencari data yang dibutuhkan harus mencari lagi data di buku agenda tersebut. Hal ini menyebabkan lamanya proses pencarian data bagi pihak Kecamatan jika membutukan data penduduk. Masalah ini dapat diatasi salah satunya dengan adanya aplikasi khusus dengan sistem komputerisasi untuk melakukan pengolahan data pada Kecamatan Sabak Auh. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall yang menyelesaikan masalah secara bertahap dan dapat memeriksa kembali jika ada perbaikan pada tahap tertentu. Untuk merancang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis web pada Kecamatan Sabak Auhi, menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databasenya menggunakan MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah untuk memberikan kemudahan dalam proses pengolahan data, seperti data penduduk, data KK, data Ktp, data mutasi dan data surat

References

M. Indrawan, “Pelaksanaan Administrasi Pemerintahan Desa di Desa Loleng Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara,” ejournal Adm. Negara, 2016.

S. Syaharuddin and M. Ibrahim, “Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 1, no. 1, p. 60, 2017, doi: 10.31764/jmm.v1i1.14.

B. Yanto and A. S. Putra, “Sistem Informasi Buku Tamu Front End Berbasis Android Pada Badan Pusat Statistik Rokan Hulu,” J. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, 2017.

S. Hasan, A. T. Hapsari, and A. Mufti, “Sistem Pelayanan Kependudukan RT 002 RW 012 Lubang Buaya,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., vol. 2, no. 01, 2021, doi: 10.30998/jrami.v2i01.504.

M. Muhazzir, “Sistem Informasi Data Penduduk dengan Menggunakan Database Terdisitribusi,” J. TIKA, vol. 5, no. 3, 2021, doi: 10.51179/tika.v5i3.138.

W. P. Mustika, J. T. Kumalasari, Y. Fitriani, and A. Abdurohim, “Sistem informasi administrasi kependudukan (SIASIK) pada kelurahan berbasis web,” J. sains Komput. dan Inform., vol. 5, no. 1, 2021.

R. P. Putra and D. Kurniadi, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN MASYARAKAT KELURAHAN BERBASIS WEB DI KELURAHAN KOTO KOCIAK KUBU TAPAK RAJO,” J. Syst. Comput. Eng., vol. 1, no. 2, 2021, doi: 10.47650/jsce.v1i2.139.

A. Setiawan and B. Yanto, “Model Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Internal Kinerja Dosen dengan Fuzzy Tsukamoto,” Konf. Nas. Sist. Inf., 2018.

Downloads

Published

2021-08-01