Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Penerima Dana BSM dengan Menggunakan Metode AHP

Authors

  • Slamet Riyadi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjocs.v7i02.2180

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Analytical Hierarchy Process (AHP), Penentuan Siswa, software Super Decisions.

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan dalam penentuan siswa yang menerima dana BSM membutuhkan beberapa kriteria yang dapat mewakili penilaian kriteria siswa yang lainnya dan diperlukan data yang akurat. Karena terbatasnya waktu dan kemampuan dalam  melihat segala aspek keakuratan, sering menyebabkan terjadinya kesalahan dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem untuk menentukan siswa yang menerima BSM dengan memperhatikan kriteria-kriteria aspek yang ada. Dengan mengimplementasikan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan software Super Decisions, dapat dilakukan penilaian tingkat prioritas dari variabel-variabel yang diinginkan dengan membuat hirarki dari semua variabel yang ada. Membandingkan antara tiap-tiap kriteria dan diintegrasikan dengan penilaian kategori yang dibutuhkan, akan menghasilkan sebuah keputusan untuk penentuan siswa menerima BSM dari kriteria yang telah ditentukan dengan studi kasus di Dinas Pendidikan di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Dengan sistem pendukung keputusan yang dirancang ini diharapkan pihak Dinas Pendidikan dan sekolah dapat mengambil keputusan dalam menetukan siswa yang menerima BSM secara cepat, tepat dan akurat.  

References

B. Yanto, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Alternatif Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit Metode Analityc Network Process (ANP) dan (BCOR) ( Studi Kasus : PT. Perkebunan Nusantara V Sei Tandun Rokan Hulu),” Riau J. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 89–102, 2016.

H. Magdalena, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mahasiswa Lulusan Terbaik Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Stmik Atma Luhur Pangkalpinang),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2012, 2012.

D. Maharani and A. Nata, “PERBANDINGAN METODE MFEP DAN MAUT DALAM SELEKSI CALON PESERTA OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN),” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 3, 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i3.793.

D. Fajirwan, M. Arhami, and I. Amalia, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Renovasi Rumah Dhuafa Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory,” J. Infomedia, 2018, doi: 10.30811/jim.v3i2.713.

F. Ibrahim, M. H. Pengeran, and A. Wihartanto, “Perbandingan Hasil Pemilihan Trase Jalan Dengan Menggunakan Pendekatan AHP Dan ANP ( Study Kasus : Pengembangan Jalan Kolektor Provinsi Gorontalo ),” Konf. Nas. Tek. Sipil 7, 2013.

A. Setiawan and B. Yanto, “Model Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Internal Kinerja Dosen dengan Fuzzy Tsukamoto,” Konf. Nas. Sist. Inf., 2018.

R. Ramadiani and A. Rahmah, “Sistem pendukung keputusan pemilihan tenaga kesehatan teladan menggunakan metode Multi-Attribute Utility Theory,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, 2019, doi: 10.26594/register.v5i1.1273.

Downloads

Published

2021-07-29