Public Informaton Location Service Berbasis Android Untuk Pendukung Layanan Smart City Kabupaten Rokan Hulu

Authors

  • Basorudin . Universitas Pasir Pengaraian
  • Erni Rouza Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjocs.v7i02.2196

Keywords:

Android, Fasilitas Umum, Location Based Service, Smart city.

Abstract

Public Information Location Service adalah informasi yang menyediakan lokasi layanan publik atau fasilitas umum. Fasilitas umum adalah fasilitas yang disediakan untuk kebutuhan umum atau publik. Saat ini terdapat banyak fasilitas umum dalam kehidupan sehari–hari yang menjadi pendukung aktivitas manusia. Pencarian lokasi fasilitas umum khususnya di Kabupaten Rokan Hulu masih menggunakan Google Map, meskipun di Google Maps sudah bisa menampilkan suatu lokasi, tetapi Google Maps tidak menampilkan detail informasi fasilitas yang ada di lokasi tersebut. Sehingga dibutuhkan suatu aplikasi untuk pendataan fasilitas publik atau umum Kabupaten Rokan Hulu berbasis android dengan konsep Location Based Service. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan menerapkan konsep Location Based Service  pada aplikasi berbasis android untuk pendukung layanan smart city khususnya di Kabupaten Rokan Hulu. Aplikasi ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat atau wisatawan dalam bentuk informasi detail lokasi fasilitas umum yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan hasil pengujian Blackbox dan User Acceptance Testing (UAT) semua fungsional pada aplikasi ini berfungsi dengan baik, dan dapat menunjukkan lokasi secara detail dan dapat berjalan pada perangkat mobile berbasis Android.

References

B. Yanto and A. S. Putra, “Sistem Informasi Buku Tamu Front End Berbasis Android Pada Badan Pusat Statistik Rokan Hulu,” J. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, 2017.

M. Elbes, T. Alrawashdeh, E. Almaita, S. AlZu’bi, and Y. Jararweh, “A platform for power management based on indoor localization in smart buildings using long short-term neural networks,” Trans. Emerg. Telecommun. Technol., 2020, doi: 10.1002/ett.3867.

J. Xu, S. J. Zhao, and F. C. Zhou, “Privacy protection model based on digital envelope and dummies for location-based services,” J. Inf. Sci. Eng., vol. 33, no. 4, 2017, doi: 10.6688/JISE.2017.33.4.7.

A. H. and O. K. Sulaiman, Smart City, Konsep Kota Cerdas Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Perkotaan Kabupaten/Kota, Di Kota-Kota Besar Provinsi Sumatera Utara, vol. 14, no. 2. 2019.

Z. B. Prastyo, “Pengembangan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Menggunakan Location Based Services (LBS) Di Dinas Pekerjaan Umum Untuk Smart City Malang,” JATI, vol. 1, no. 1, pp. 928–935, 2017.

D. Spatharakis et al., “A scalable Edge Computing architecture enabling smart offloading for Location Based Services,” Pervasive Mob. Comput., vol. 67, 2020, doi: 10.1016/j.pmcj.2020.101217.

E. Budiman, “Pemanfaatan Teknologi Location Based Service Dalam Mulawarman Berbasis Mobile,” vol. 8, no. Desember, pp. 137–144, 2016.

S. R. Ramadhani, J. N. Sari, and I. Lestari, “Pengembangan Aplikasi Monitoring Penyebaran Virus Covid-19 Berbasis Mobile Area Pekanbaru dengan Prototyping,” J. Invotek Polbeng, vol. 6, no. 1, pp. 37–50, 2021.

Downloads

Published

2021-07-31