Pengalaman Ibu dengan Hiperemesis Gravidarum di Rumah Bersalin Sehat Bondar Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu

Authors

  • Rahmi Fitria Dosen Prodi D-3 Kebidanan

Keywords:

Pengalaman, Ibu, Dengan, Hiperemesis, Gravidarum.

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini adalah mual-muntah terjadi pada 60-80% primigravida dan 40-60% multigravida. Perasaan mual disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon estrogen dan HCG dalam serum. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman ibu dengan hiperemesis gravidarum di Rumah Bersalin Sehat Bondar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling  terhadap pengalaman ibu dengan hiperemesis gravidarum di Rumah Bersalin Sehat Bondar Kecamatan Tambusai. Dengan pengolahan data secara manual dan analisis data yang digunakan adalah metode colaizzi. Hasil Penelitian berdasarkan wawancara ditemukan karakteristik hiperemesis gravidarum mual-muntah lebih dari sepuluh kali setiap hari dan berlangsung terus menerus, nafsu makan berkurang, muntah berwarna kuning sampai terdapat darah, terjadi penurunan berat badan, aktifitas terganggu keadaan umum buruk, terjadi gangguan emosional, fisiologi dan timbul rasa trauma, badan lemah, sakit kepala, nyeri uluh hati dan sakit menelan hal ini disebakan oleh bawaan kehamilan, hamil kembar, peningkatan hormon, dan terjadi pada hamil muda. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi hiperemesis gravidarum dengan berobat, minum susu, makan roti kering, hindari aroma bau-bauan yang dapat merangsang terjadinya mual-muntah dan istirahat. Kesimpulan semua partisipan mengalami hiperemesis gravidarum tingkat satu, sesuai dengan hasil penelitian.

References

Achadiat, Chrisdiono M., Dr., Sp.OG. (2004). Prosedur Tetap Obstetri dan Ginekologi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Datta, M., Randall, L., Holmes, N., Karunaharan, N. (2009). Rujukan Cepat Obstetri dan Ginekologi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Huliana, Mellyna., A.Md.Keb. (2007). Panduan Menjalani Kehamilan Sehat. Jakarta: Puspa Swara.

Manuaba, Ida Bagus Gde, Prof., dr., DSOG. (1998). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Maulana, Mirza. (2007). Cara Cerdas Merencanakan dan Menjalani Kehamilan. Yogyakarta: Kata Hati.

Maulana, Mirza. (2008). Panduan Lengkap Kehamilan. Yogyakarta: Kata Hati.

Notoatmodjo, Soekidjo, Prof., Dr., SKM., M. Com. H. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo, Prof., Dr., SKM., M. Com. H. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwitasari, Desi, STP dan Dewi Maryanti, SSiT. (2009). Buku Ajar Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Danim Darwis, Sudarwan, Prof., Dr., S.Kp. (2003). Metode Penelitian Kebidanan Prosedur, Kebijakan dan Etik. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Stoppard, Miriam, Dr. (2007). Panduan Mempersiapkan Kehamilan dan Kelahiran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tiran, Denise. (2007). Natural Remedies For Morning Sickness and Other Pregnancy Problems. London: Quadrille Publishing.

Wesson, Nicky. (2002). Morning Sickness. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winjosastro, Hanifa, Prof., dr., Sp.OG. (2005). Ilmu Kebidanan Cet. VII. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Winjosastro, Hanifa, Prof., dr., Sp.OG. (2007). Ilmu Kebidanan Cet. IX. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Downloads

Published

2017-08-24

How to Cite

Fitria, R. (2017). Pengalaman Ibu dengan Hiperemesis Gravidarum di Rumah Bersalin Sehat Bondar Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Martenity and Neonatal, 2(3), 192–200. Retrieved from https://e-journal.upp.ac.id/index.php/akbd/article/view/1386