HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN SIKAP DAN MOTIVASI IBU DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMPUNG BARU KOTA PARIAMAN TAHUN 2012

Authors

  • Ermiza, Elviati Bakhtiar. Dosen Prodi D III Kebidanan Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Pengetahuan, Motivasi, Sikap, Antenatalcare

Abstract

Visi MPS (Making Pregnancy Safer) menuju Indonesia sehat 2010 adalah kehamilan dan persalinan di Indonesia berlangsung aman, serta bayi yang dilahirkan hidup dan sehat. Misinya adalah menurunkan kesakitan dan kematian maternal dan neonatal melalui pemantapan sistem kesehatan untuk menjamin akses terhadap intervensi yang cost effective, memberdayakan wanita, keluarga dan masyarakat, melalui kegiatan yang mempromosikan kesehatan ibu dan bayi baru lahir, serta menjamin agar kesehatan maternal dan neonatal dipromosikan dan dilestarikan sebagai prioritas program pembangunan nasional (Saifuddin, 2002). Pelayanan Antenatal (ANC) merupakan pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan profesional kepada ibu hamil selama masa kehamilan, yang mengikuti program pedoman pelayanan Antenatal yang titik beratnya pada kegiatan promotif dan preventif. Hasil pelayanan Antenatal dapat dilihat dari cakupan pelayanan Kl danK4. Dalam laporan PWS-KIA Dinas Kesehatan Kota Pariaman tahun 2011, cakupan K1 di Kota Pariaman sebanyak 1.732 (90,2%) dari target 95%. Cakupan K4 di Kota Pariaman sebanyak 1.613 (87,55 %) dari target 90 %. Di antara 4 Puskesmas di Kota Pariaman, Puskesmas Pauh memiliki urutan tertinggi dalam cakupan K4 yaitu 94,2 % dan Puskesmas Kampung Baru dengan urutan terendah dalam cakupan K4 yaitu 75,8 %. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, motivasi, sikap ibu hamil dengan kunjungan Antenatalcare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester III yang berjumlah 32 orang. Sampel yang diambil adalah seluruh ibu hamil trimester III. Analisis data dengan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian yaitu responden memiliki tingkat pengetahuan rendah tentang kunjungan antenatal care yaitu sebanyak 22 responden (68,7%), responden memiliki sikap negatif terhadap kunjungan antenatal care yaitu sebanyak 21 responden (65,6%), responden memiliki motivasi rendah tentang kunjungan antenatal care yaitu sebanyak 20 responden (62,5%), responden kurang baik dalam kunjungan antenatal care yaitu sebanyak 20 responden (62,5%). Hasil uji statistik didapat hasil ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang kunjungan antenatal care dengan kunjungan antenatal care dengan p value 0,049, ada hubungan antara motivasi tentang kunjungan antental care dengan kunjungan antenatal care dengan p value 0,002, ada hubungan antara sikap terhadap kunjungan antenatal care dengan kunjungan antenatal care dengan p value 0,021. Kesimpulan ada hubungan antara motivasi,sikap,tingkat pengetahuan dengan kunjungan antenatal care dengan p value < 0,05. Saran bagi petugas kesehatan khususnya bidan agar lebih meningkatkan konseling pada setiap pemeriksaan ibu kehamilan terutama tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan agar cakupan kunjungan antenatal care dapat mencapai target 100%.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, S. 2002. Teori Sikap dan Pengukurannya,Jakarta : Pustaka Pelajar.

Budiarto, E. 2001. Biostatistika untuk kedokteran daii Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC.

Dinkes Provinsi Sumatera Barat, 2007. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Padang : Dinkes.

Dinkes Kota Pariaman, 2007. Profil Kesehatan Kota Pariaman. Pariaman : Dinkes.

Hastono, S.P. 2001. Analisis Data. UI: FKM

Hidayat, A.A.A. 2007. Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data. Jakarta : Samba Medika.

http://med.unhas.ac.id, 2007 http://ridwanamiruddin.wordpress.com, 2006

http://www.siaksoft.net, 2007 http://www.usu.ac.id,http://one.Indoskripsi.com. 2008

Manuaba, I.B.G. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta : EGC.

Marieti, R. 2007. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Narapidana Tentang HIV/ AIDS di LP Muara Padang Tahun 2007. Padang : KTI Jurusan kebidanan Poltekkes Padang.

Mochtar, R.1998. Sinopsis Obstetri. Jakarta : EGC.

Notoatmodjo, S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakata: Rineka Cipta.

Yani Siska , 2008. “Hubungan pengetahuan dan sikap terhadap kunjungan ANC dengan intensitas kunjungan ANC di puskesmas pauh kota padang pariaman tahun 2008”.

Downloads

Published

2019-02-05

How to Cite

Elviati Bakhtiar., E. (2019). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN SIKAP DAN MOTIVASI IBU DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMPUNG BARU KOTA PARIAMAN TAHUN 2012. Jurnal Martenity and Neonatal, 2(6), 379–393. Retrieved from https://e-journal.upp.ac.id/index.php/akbd/article/view/1725