STRATEGI MENINGKATKAM WAKTU AKSELERASI KENDARAAN BERAT ANGKUTAN CRUDE PALM OIL UNTUK MENCEGAH KERUSAKAN DINI PADA PERKERASAN JALAN

Authors

  • Bambang Edison, Alfi Rahmi

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v9i1.1059

Keywords:

Strategi, meningkatkan, waktu akselarasi, kendaraan berat, kerusakan dini

Abstract

Kerusakan perkerasan jalan merupakan manifestasi dari terlampauinya batas-batas kemampuan masing-masing elemen perkerasan jalan. Faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan dini pada perkerasan jalan diantaranya karena repetisi beban kendaraan yang overload. Kendaraan berat disamping memiliki nilai smp yang tinggi, juga mempunyai akselerasi yang lambat, sehingga memerlukan waktu tempuh yang cukup lama. Akselerasi yang lambat menyebabkan menyebabkan terlampauinya tegangan-tegangan kritis pada elemen  perkerasan akibat pembebanan. Akselarasi yang lambat juga menyebabkan umur layanan perkerasan jalan lebih pendek. Reaction time rerata kendaraan berat angkutan CPO secara keseluruhan adalah 2,77 detik. Sementara rerata reaction time mobil penumpang yang mencatat 1,56 detik. Selain itu hasil regeresi dari RT dengan faktor-faktor teknis kendaraan tidak menunjukkan hubungan yang kuat. Elapsed kendaraan berat angkutan mutan CPO dipengaruhi secara kuat oleh persentase overload muatan. Rerata elapsed time adalah 13,70 detik sedangkan dari model regresi reratanya adalah 10,31 detik. Rendahnya waktu akselarasi inilah yang menyabakan pekerasan mengalami deformasi permanen dan mengalami kerusakan dini.

References

Adi Dharmawan H & Dewanti, 2005, Kajian Reaction Time dan Elapse Time Kendaraaan Berat Angkutan Barang. Simposium FSTPT Palembang 2005. – , 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum.

AustRoads Pavement Test (2001), Determination of the International Roughness Index (IRI) using ARRB TR Walking Profiler.

Bambang Edison, 2010. Karakteristik Campuran Aspal Panas AC-BC Menggunakan Aspal Polimer. Jurnal APTEK vol 2 No. 1 Juli 2010.

Chrismartin (2002), “Analisis Pengaruh Penyempitan Jalan Akibat Penghentian Angkutan Kota dengan Simulasi Lapangan”, Skripsi Program Sarjana, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Departement Pekerjaan Umum, 2007. Spesifikasi Khusus Campuran Panas dengan Asbuton, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta, Januari 2007.

Hobbs, F.D., 1979, Alih Bahasa: Ir. Suprapto T.M., M.Sc, dan Ir. Waldijono, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Morlok, E.K., 1988, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Edisi Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Downloads

Published

2017-01-13