PERANCANGAN SISTEM GASIFIKASI BIOMASSA PELEPAH KELAPA SAWIT PADA MESIN DIESEL 10 KW

Authors

  • Arif Rahman Saleh Fakultas Teknik, Universitas Pasir Pengaraian
  • Ika Daruwati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v7i2.139

Keywords:

biomassa, pelepah kelapa sawit, gasifikasi, downdraft

Abstract

Bahan organik yang dihasilkan oleh tanaman dan turunannya disebut sebagai biomassa. Salah satu potensi biomassa yang sangat besar dan belum banyak dimanfaatkan adalah pelepah sawit. Pelepah sawityang diproduksi 6,2 ton/ha saat ini belum termanfaatkan dan umumnya dibiarkan membusuk di lahan kebun sawit. Pembusukan pelepah sawit tersebut dapat menghasilkan gas rumah kaca seperti methanedan CO2. Dari potensi biomassa sawit sejumlah 28 juta ton/tahun dapat dihasilkan listrik sekitar 2.300 MWh/thn dengan menggunakan Unit Gasifikasi Biomassa menggunakan gasifier. Sebuah gasifieradalah suatu peralatan yang dapat mengubah berbagai biomassa menjadi gas seperti limbah kayu, limbah pertanian seperti batang dan akar berbagai tanaman. Menggunakan sistem pengapiankompresi (misalnya mesin diesel) dapat dibuat untuk beroperasi dengan sekitar 60 % -80 % bahan bakar minyak pengganti oleh gas. Jenis reaktor yang digunakan adalah jenis downdraft. Pada gasifier jenis ini, udara masuk pada zona pembakaran dan lapisan gas yang dihasilkan dekat bagian bawah gasifier. pada gasifiers jenis ini, volatil dan tar dihasilkan dari turun nya lapisan bahan bakar dan harus melewati zona reaksi dimana sebagian besar nya bertingkat dan mengalami proses gasifikasi.

References

Dingus, T. A., Neale, V. L., Klauer, S. G.,

Petersen, A. D. and Carroll, R. J.

(2006)The development of a naturalistic

data collection system to perform critical

Incident analysis: an investigation of

safety and fatigue issues in long-haul

trucking. Accident Analysis and

Prevention, 38(6), 1127–1136.

Haworth, N. and Rechnitzer, G. (1993)

Description of fatal crashes involving

various causal variables. CR119,

Canberra: Federal Office of Road Safety.

Hensher, D A, DANIELS, R, Battellino, H,

, Safety and productivity in the long

distance trucking industry, proceeding,

th ARRB Conference, 9-13 November

, Perth, Western Australia, Volume

, Part 4

Lasmini Ambarwatidkk (2010), Karakteristik

dan peluang kecelakaan pada mobil

pribadi di wilayah perkotaan, Jurnal

Rekayasa Sipil

L.R. Hartley, P.K. Arnold, et al 1994 Indicators

of fatigue in truck drivers, Elsevier

Ma, T., Wiliamson, A. and Friswell, R. (2003)

A Pilot Study of Fatigue on Motorcycle

Day Trips. Sydney, Australia: NSW

Injury Risk Management Research

Centre.National Highway Traffic Safety

Administration (NHTSA), 1991, NHTSA

Report

Parkes, A. M., Sexton, B. F., Burton, S.,

Hu, H., Shaw, J. A. and Daggy, B. P.

(2001)An evaluation of the effects of a

functional energy drink on post-lunch and

Early evening driving performance.

Proceedings of the Driving Assessment

Conference, Aspen Colorado,

August 2001 (CD-ROM).

Ryan, G.A. and Spittle, J.A. (1995) Truck

crashes in Western Australia. Paper

presented at Road Safety Research and

Enforcement Conference, Melbourne,

November.

Sexton, B., Baughan, C., Elliott, M. and

Maycock, G. (2004) The Accident Risk

ofMotorcyclists. TRL Report No. 607.

Crowthorne: TRL Limited.

Stutts, J., Wilkins, J., S., O., and Vaughn, B.

(2003). “Driver Risk Factors for Sleep-

Related Crashes.” Accident Analysis and

Prevention, 35, 321-331.

Tilley, D. H., Erwin, C. W., and Gianturco, D.

T. “Drowsiness and Driving: Preliminary

Report of a Population Survey.” Society

of Automotive Engineers International

Automotive Engineering Congress,

Detroit, MI.

Thiffault, P., and Bergeron, J. (2003a).

“Monotony of Road Environment and

Driver

Fatigue: A Simulator Study.” Accident

Analysis and Prevention, 35.

Downloads

Published

2015-07-13