KORELASI NILAI CBR DISAIN DAN NILAI CBR HASIL SAND CONE LAPISAN PONDASI BASE COURSE FLEXIBEL PAVEMENT RUAS DALU-DALU MAHATO

Authors

  • bambangedison anton ariyanto

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v10i1.1467

Keywords:

Korelasi CBR, Sand Cone, Base Course

Abstract

Struktur perkerasan jalan terutama flexibel pavement terdiri dari beberapa lapis elemen yaitu subgrade, subbase course, base course dan surface course. Setiap elemen mempunyai nilai elastisitas bahan masing-masing, sehingga boleh dikatakan elemen struktur perkerasan merupakan gabungan dari komposisi bahan yang masing-masing berbeda elastisitasnya. Oleh karena itu pemilihan jenis material dan mix desain menjadi sangat menentukan tebal lapis perkerasan, sifat fisik perkerasan dikemudian hari dan kelakuan perkerasan seperti deformasi permukaan dan lain sebagainya. Besaran nilai daya dukung lapis pondasi sangat dipengaruhi (ditentukan) oleh besar atau kecilnya nilai CBR dari lapis tersebut. Nilai daya dukung base course didapat dengan menggunakan alat uji CBR. Sand cone digunakan untuk menguji kepadatan lapangan. Metode yang digunakan adalah dengan cara melakukan pengujian langsung di lapangan untuk memperoleh nilai CBR lapangan.Berdasarkan hasil tes CBR dan Sand Cone rata-rata 98,14 % dan 101,18 %. Dari hasil pengujian korelasi Product Moment diperoleh nilai korelasi sebesar -0,210. Hal ini menunjukkan hubungan yang negatif antara nilai CBR dan Sand Cone. Selanjutnya dari hasil uji signifikansi koefisien korelasi diperoleh nilai t hitung = 1,2224, nilai t hitung ini lebih kecil dari t tabel = 2,1009 dengan derajat kebebasan 20 -2 = 18 dan taraf kesalahan 5 % untuk uji 2 pihak, jadi dapat disimpulkan Ho diterima dan H1 ditolak. Hal ini berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara nilai CBR dan Sand Cone.

References

Bowles,J.E, 1986, Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah, Terjemahan Hainim J,K, Erlangga, Jakarta.

Hamrmam saodang, 2004. Perancangan Perkerasan Jalan Raya Penerbit Nova Bandung.

Krebs, R.D., Walker, R.D., 1971, Highway Materials, Mc Graw Hill Inc., USA

Oglesby, C.H., R.G. Hick, 1982, Highway Engineering, 4th ed. Willey and Sons, New York.

Sosrodarsono, S., 1987, Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen, Penerbit Departemen Pekerjaan Umum.

Sugiono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sukirman, S., 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung

Wasis H, F, H. et.al.2012, Penggunaan terrasil sebagai material modifier untuk perbaikan daya dukung subgrade, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Wesley, L.D, 1977, Mekanika Tanah, Badan Penerbit Pekerjaan Umurn, Jakarta.

Downloads

Published

2018-01-23