UJI PRESTASI MOTOR BAKAR BENSIN MEREK HONDA ASTREA 100 CC

Authors

  • . . Aprizal

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v10i2.1581

Keywords:

Motor, Energi Termal, Mekanik, Siklus Otto, Volume Konstan,

Abstract

Motor bakar adalah salah satu jenis mesin kalor, yaitu mesin yang mengubah energi termal untuk melakukan kerja mekanik atau mengubah tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga mekanis. Sebelum menjadi tenaga mekanis, energi kimia bahan bakar dirubah menjadi energi termal atau panas melalui pembakaran bahan bakar dengan udara. Pembakaran ini ada yang dilakukan di dalam mesin kalor itu sendiri dan ada pula yang dilakukan di luar mesin kalor dan siklus otto pada mesin bensin disebut juga dengan siklus volume konstan, dimana pembakaran  terjadi  pada  saat  volume konstan.Dari hasil pengujian prestasi mesin yang dilakukan maka didapat, Diameter silinder roda (dr) 1,5 cm, Jarak dari pedal rem ke tumpuan (a) 25 cm, Jarak dari  pushrod  ke tumpuan (b) 4 cm. Perbandingan pedal rem (K) 6,25 cm, gaya yang keluar dari pedal rem (FK) 3, 125 kgf,  tekanan hidrolik (Pe) yang dibangkitkan Master silinder yaitu 1,77 kg / cm 2 , gaya yang menekan pada Rem (Fp) yaitu 8,68 kgf. Daya poros efektif  3461,85 (kN.m/jam), tekanan efektif rata-rata, () 0,0234 kpa Pemakaian bahan bakar  (  )0,23 kg / jam Pemakaian bahan bakar spesifik, (Be) 0,000066  Kecepatan aliran udara melewati venturi 24,36 m/s Laju aliran udara volumetric yang melewati venture 0,011 /s Maka laju aliran udara adalah 51,27 kg / h. Perbandingan bahan bakar-udara  0,0045 Persamaan laju aliran udara ideal 191428,65 kg / h Efisiensi volumetrik adalah 0,013% Efisiensi termal, 35,25 %.

References

Arismandar W. 1998, Penggerak Mula Motor Bakar Torak, ITB, Bandung

Elfiano, Eddy. 2016. Modul Pratikum Prestasi Mesin. Universutas Riau

Aprizal. Arif Rahman Saleh dkk. 2016. Modul Pratikum Prestasi Mesin. Universitas Pasir Pengaraian.

Downloads

Published

2018-08-04