IMPLIKASI PEMBINAAN MENEJERIAL ADMINISTRASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM MENGAJAR DI KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Annasri . Yose Rizal

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v10i2.1590

Keywords:

Manajerial administrasi, Kinerja Kepala Sekolah dan Kinerja Guru

Abstract

Kemampuan menejerial administrasi sekolah  adalah seperangkat keterampilan teknis dalam melaksanakan tugas sebagai manajer sekolah untuk mendayagunakan segala sumber yang tersedia untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh manejerial administrasi Kepala Sekolah terhadap kinerja guru dalam mengajardan dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya pada masing-masing variable yang diuji. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif terhadap 5 (lima) Kepala Sekolah SD di Kecamatan Rambah Kabupaten rokan Hulu selama 2 bulan Tahun Pelajarn 2015/2016. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kinerja manajerial administrasi sekolah oleh Kepala  Sekolah termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan teknik Weighted Means Score (WMS) dengan nilai rata-rata BAIK. Kondisi ini terlihat dari ­indikator kinerja kepala SD yang mempunyai kecenderungan positif, yaitu: sudah dapat merumuskan visi dan misi SD, merumuskan program tahunan, merumuskan program  semester dan mempunyai mekanisme evaluasi pelaksanaan program secara sistematis serta kinerja Guru dalam mengajarpun juga  termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini terlihat pada hasil perhitungan dengan menggunakan Weighted Means Score (WMS) menunjukkan nilai rata-rata  BAIK. Artinya, kinerja yang ditunjukan oleh para Guru  di  5 (lima) SDN sangat baik.

References

Agus Tulus. ( 2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Airlangga.

Akdon, (2002). Identifikasi Faktor-Faktor Kemampuan Manajerial Yang Diperlukan Dalam Implementasi School Based Management (SBM) Dan Implikasinya Terhadap Program Pembinaan Kepala Sekolah.

Ali, M. ( 2004). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: ANGKASA

Arifin, E. ( 2003). Dasar-Dasar Penulisan Karangan llmiah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arikunto, S. (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Program Kegiatan Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta.

Mulyasa, E. (2003), Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan Manajemen Berbasis Sekolah dan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oteng Sutisna. (1983). Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

S Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Santoso, S. (2002). Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Citra Pendidikan.

Solehuddin, M. (2000). Konsep Casar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.

Subino. ( 2001). Bimbingan, Rancangan, Pelaksanaan, Analitik dan Penulisan. Bandung: ABA Yapari.

Sudjana, N. (1991). Tuntunan Penuhsan Karya llmiah. Bandung: Sinar Baru.

Sugiarto, D.S. (2000). Metode Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (1997). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA. Sugiyono. (2002). Metode Penelitian

Administrasi. Bandung: ALFABETA. Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: IKAPI.

Downloads

Published

2018-08-04