ANALISA SENSITIVITAS VARIABEL BERISIKO PADA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR RENCANA RUAS JALAN TOL KANDIS – DUMAI

Authors

  • Alfian - Fakultas Teknik

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v3i1.33

Keywords:

deterministik, investasi, sensitivitas, stokastik, jalan tol

Abstract

Proyek pembangunan jalan tol adalah proyek infrastruktur yang memiliki karakter sensitif dan rentan terhadap risiko (risk) dan ketidakpastian (uncertain). Selain itu, dari perspektif bisnis, proyek pembangunan jalan tol memerlukan dana yang sangat besar (high capital outlays) dengan masa pengembalian investasi yang panjang (long-term investment). Oleh karenanya, keputusan investasi modal pada pengusahaan jalan tol adalah keputusan yang tergolong sangat strategis sehingga memerlukan kajian dan analisa yang komprehensif, serta pertimbangan yang rasional dan akurat. Kajian, analisis, dan pertimbangan tersebut diperlukan sejak tahap awal penilaian proyek (project appraisal) sampai pada tahap ketika keputusan investasi akan diambil.Beberapa variabel yang dianggap berisiko dalam pembangunan jalan tol adalah 1) inflasi, 2) SBI, 3) JIBOR, 4) volume lalulintas pada awal masa operasional, 5) biaya operasional dan pemeliharaan, 6) biaya pembebasan lahan, dan 7) biaya konstruksi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap variabel berisiko pada rencana pembangunan ruas tol Kandis – Dumai melalui pendekatan deterministik dan stokastik menunjukkan bahwa variabel yang sangat sensiitif dan berpengaruh secara berturut-turut adalah : Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Jakarta Interbank Offer Rate (JIBOR), dan volume kendaraan Golongan III, IV, dan V.

Author Biography

Alfian -, Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian

References

Aczel, Amir D, “Complete Business Statistics”, third edition, Irwin Book Team, USA, 1996.

Alfian, “Analisa Kelayakan Investasi Jalan Tol Pekanbaru – Dumai dengan Penerapan Model NPV-at-Risk”, MasterTesis, Program Pascasarjana Universitas Riau, Pekanbaru, 2010.

Brealey, R.A., Stewart C. Myers, and Alan J. Marcus, “FundamentalsofCorporate Finance”, fifth edition, Mc Graw Hill, New York, 2007.

Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”, 1997.

Fitriani H., Puti Farida, dan Andreas Wibowo, “Kajian Penerapan Model NPV-at-Risk Sebagai Alat Untuk Melakukan Evaluasi Investasi Pada Proyek Infrastruktur Jalan Tol”, Jurnal Infrastruktur dan Lingkungan Binaan, Vol. II, No. 1, Juni 2006.

Levi, H., Sarnat, M., “Capital Investment and Financial Decision”. Fifth edition, Prentice Hall, New York, 1994.

Pemerintah Provinsi Riau, Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah, “Laporan Akhir Pekerjaan Studi Investigasi dan Desain (SID) Jalan Tol Pekanbaru – Dumai”, Pekanbaru.

Wibowo, A. 2005a, “Pendekatan Stokastik dan Deterministik Dalam Kajian Investasi Proyek Infrastruktur”, Prosiding 25 Tahun Pendidikan MRK di Indonesia, Departemen Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung. 18-19 Agustus 2005

_________. 2005c, “Estimating General Threshold Traffic Levels of Typical Build, Operate, and Transfer Toll Road Projects in Indonesia”. Journal of Construction Management and Economics, (Month 2005) 23, 1-10.

Wibowo, A. Kochendorfer, B., “Financial Risk Analysis of Project Finance in Indonesia Toll Roads”, Journal of Construction Engineering and Management, Vol. 131, No. 9,963-973, 2005.

Widiatmoko, Dani, “Model Stokastik Kelayakan Finansial Proyek Jalan Tol Berbasis Adjusted Present Value (APV) Studi Kasus Ruas Jalan Tol Dalam Kota Bandung”. Master Tesis, Program Pasca Sarjana Teknik Sipil UNPAR, Konsentrasi Pengelolaan Jaringan Jalan, Bandung, 2008.

Ye, S. dan Tiong, R.L.K., “NPV-at-Risk Method in Infrastructure Project Investment Evaluation”, Journal of Construction Engineering and Management, Vol. 126, No.3, 227-233, 2000.

Downloads

Published

2014-09-29