ANALISA KINERJA MESIN BENSIN BERDASARKAN PERBANDINGAN PELUMAS MINERAL DAN SINTETIS

Authors

  • Joko Prihartono Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tama Jagakarsa
  • Petrus Barron Boinsera Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tama Jagakarsa

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v7i2.396

Keywords:

Pelumas, Kekentalan, Daya Poros, Torsi, Air/Fuel Ratio

Abstract

Pelumas memiliki fungsi memperkecil kofisien gesek, pendingin, pembersih dan perapat. Dalam penelitian ini akandilakukan pengujian prestasi mesin sepeda motor yang menggunakan pelumas mineral dan sintetis dengan alat ujidynojet model 250 i. Dari pengujian yang dilakukan akan didapatkan data power, torsi dan AFR. Pengujiandilakukan pada mesin dengan putaran 3800 – 9700 rpm. Hasil yang didapat dari analisa data bahwa mesin denganmenggunakan pelumas mineral daya poros yang dihasilkan 6.76 Hp dan dengan menggunakan pelumas sintetis 7.00Hp. Torsi yang dihasilkan menggunakan pelumas mineral 6.58 ft-lbs dan dengan menggunakan pelumas sintetis 6.44ft-lbs. Air/fuel ratio yang dihasilkan menggunakan pelumas mineral 11.98 dan dengan menggunakan pelumassintetis 11.99. Daya dan torsi pada pengujian menggunakan pelumas mineral lebih tinggi dibandingkan denganpelumas sintetis. Sedangkan hasil analisa air/fuel ratio pada pengujian menggunakan pelumas sintetis lebih tinggidibandingkan pada pelumas mineral. Berdasarkan data hasil perbandingan pelumas mineral dan sintetis yangmendekati nilai maksimum adalah pelumas mineral.

References

Dingus, T. A., Neale, V. L., Klauer, S. G.,

Petersen, A. D. and Carroll, R. J.

(2006)The development of a naturalistic

data collection system to perform critical

Incident analysis: an investigation of

safety and fatigue issues in long-haul

trucking. Accident Analysis and

Prevention, 38(6), 1127–1136.

Haworth, N. and Rechnitzer, G. (1993)

Description of fatal crashes involving

various causal variables. CR119,

Canberra: Federal Office of Road Safety.

Hensher, D A, DANIELS, R, Battellino, H,

, Safety and productivity in the long

distance trucking industry, proceeding,

th ARRB Conference, 9-13 November

, Perth, Western Australia, Volume

, Part 4

Lasmini Ambarwatidkk (2010), Karakteristik

dan peluang kecelakaan pada mobil

pribadi di wilayah perkotaan, Jurnal

Rekayasa Sipil

L.R. Hartley, P.K. Arnold, et al 1994 Indicators

of fatigue in truck drivers, Elsevier

Ma, T., Wiliamson, A. and Friswell, R. (2003)

A Pilot Study of Fatigue on Motorcycle

Day Trips. Sydney, Australia: NSW

Injury Risk Management Research

Centre.National Highway Traffic Safety

Administration (NHTSA), 1991, NHTSA

Report

Parkes, A. M., Sexton, B. F., Burton, S.,

Hu, H., Shaw, J. A. and Daggy, B. P.

(2001)An evaluation of the effects of a

functional energy drink on post-lunch and

Early evening driving performance.

Proceedings of the Driving Assessment

Conference, Aspen Colorado,

August 2001 (CD-ROM).

Ryan, G.A. and Spittle, J.A. (1995) Truck

crashes in Western Australia. Paper

presented at Road Safety Research and

Enforcement Conference, Melbourne,

November.

Sexton, B., Baughan, C., Elliott, M. and

Maycock, G. (2004) The Accident Risk

ofMotorcyclists. TRL Report No. 607.

Crowthorne: TRL Limited.

Stutts, J., Wilkins, J., S., O., and Vaughn, B.

(2003). “Driver Risk Factors for Sleep-

Related Crashes.” Accident Analysis and

Prevention, 35, 321-331.

Tilley, D. H., Erwin, C. W., and Gianturco, D.

T. “Drowsiness and Driving: Preliminary

Report of a Population Survey.” Society

of Automotive Engineers International

Automotive Engineering Congress,

Detroit, MI.

Thiffault, P., and Bergeron, J. (2003a).

“Monotony of Road Environment and

Driver

Fatigue: A Simulator Study.” Accident

Analysis and Prevention, 35.

Downloads

Published

2015-05-22