ANALISA KEGAGALAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERKERASAN LENTUR

Authors

  • Muhammad Shalahuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Riau, Pekan Baru Riau

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v8i2.847

Keywords:

Kegagalan, Perkerasan lentur, Kuantitas, Kualitas.

Abstract

Kegagalan konstruksi perkerasan lentur seperti settlement atau crack sering terjadi akibat kualitas dan kuantitas yang kurang. Lapis perkerasan lentur jalan raya terdiri dari beberapa lapis mempunyai nilai kekuatan dan elastisitas yang bertingkat-tingkat. Dari lapisan yang terbawah sampai lapisan yang teratas, kekuatannya meningkat secara bertahap sedangkan elastisitasnya menurun secara bertahap pula.Untuk menganalisa kegagalan konstruksi perkerasan lentur maka perlu dilakukantest pit, Sand cone test, uji DCP, Proctor test, CBRlaboratorium test , Sieve analysis test dan uji kadar air pada tanah timbun dan lapis pondasi serta uji Core Drill, Marshal test, Extraction test dan sieve analysis testpada lapis permukaan.

References

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1993. Pedoman

Penuntun Tebal Perkerasan Lentur Jalan

Raya, No: 01/PD/B/1993. Jakarta:

Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga.1995. Petunjuk

Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Kabupaten.

Petunjuk Teknis No. 024/T/Bt/1995,

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat

Jenderal Bina Marga.

Gambar Kerja Kegiatan Pembangunan Jalan

Pekerjaan Jalan, Job Mix Formula AC - WC,

Job Mix Formula AC – BC, dan Review

Design Pekerjaan Pelebaran Jalan.

Hardiyatmo, H.C. 2007. Pemeliharaan Jalan Raya,

Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Nada, Q.R. 2004. Analisa Kondisi Struktural dan

Fungsional Perkerasan Jalan Tol: Studi Kasus

Jalan Tol Jakarta-Cikampek Ruas Karawang

Barat-Karawang Timur. Program Magister

Sistem dan Teknik Jalan Raya,

InstitutTeknologi Bandung.

Surat. 2011. Analisis Struktur Perkerasan Jalandi

Atas Tanah Eksfansif (Studi Kasus : Ruas

Jalan Purwodadi-Blora). Universitas Sebelas

Maret Surakarta.

Spesifikasi Umum Bina Marga Buku XII Tahun

Direktorat Pembinaan Jalan Kota.1990.

Tata Cara Penyusunan Pemeliharaan Jalan

Kota (No. 018/T/BNKT/1990), Direktorat

Jendral Bina Marga Departemen PU. Jakarta.

Tofan Ferdian dkk. 2008. Analisis Struktur

Perkerasan Lentur Menggunakan Program

Everseries dan Metoda AASHTO 1993 .Studi

kasus: Jalan Tol Jakarta – Cikampek.

InstitutTeknologi Bandung.

Downloads

Published

2016-07-19