PENENTUAN KONDUKTIVITAS AIR SUNGAI BATANG LUBUH MENGGUNAKAN MULTITESTER

Authors

  • Usman Malik
  • Tommi Parulian
  • Riad Syech

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptk.v8i2.854

Keywords:

konduktivitas Listrik, sungai batang lubuh, konsentrasi logam berat, multitester

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penentuan konduktivitas listrik air dan konsentrasi logam berat (Pb dan Fe) pada Sungai Batang Lubuh di Desa Surau Tinggi daerah pembuangan limbah pabrik kelapa sawit dengan metode eksperimen. Proses dimulai dengan mengambil sampel air Sungai Batang Lubuh pada tujuh titik di daerah sebelum dan sesudah pembuangan limbah pabrik dengan menggunakan multitester. Penentuan nilai resistansi, resistivitas, dan konduktivitas listrik dari air menggunakan multitester, sedangkan pengukuran konsentrasi logam berat (Pb dan Fe) menggunakan spektrometer serapan atom (SSA). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai konduktivitas listrik yang besar terletak pada titik terdekat disekitar pembuangan limbah pabrik yaitu sebesar 165 × 10-6 (Ωm)-1 dengan konsentrasi Pb 2,542 mg/l dan Fe 1,432 mg/l, sedangkan konduktivitas listrik air yang paling kecil terdapat pada titik sebelum pembuangan limbah pabrik yang besarnya 30,80 × 10-6 (Ωm)-1 dengan konsentrasi Pb 1,770 mg/l dan Fe 0,968 mg/l. Hasil ini menunjukkan bahwa air pada tujuh titik pengukuran telah tercemar logam berat Pb dan Fe karena melewati batas kadar yang diperbolehkan.

References

Darmono. 2001. Lingkungan Hidup dan Pencemaran Hubungannya Dengan Toksikilogi Senyawa Logam. UI-Press Jakarta.

Daryanto. 2000. Fisika Lingkungan. Jakarta. Rineka Cipta.

Haris, A. 2013. Menentukan Pola Penyebaran Logam Berat (Cu, Fe, Zn) Di Sungai Siak Dengan Menggunakan Spektrofotometer (AAS), Skripsi, Jurusan Fisika Fmipa, Universitas Riau, Pekanbaru.

Lundu. 2010. Penentuan Kualitas Air Sungai dan Air Sumur Sekitar Sungai Siak Berdasarkan Sifat Listrik Air Pada Suhu 20 0C Menggunakan Multitester, Skripsi, Jurusan Fisika Fmipa, Universitas Riau, Pekanbaru.

Tipler, P. A. 2001. Fisika Untuk Sains dan Teknik-Jilid 2. Jakarta. Erlangga.

Wardhana, W.A. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta : Andi

Downloads

Published

2016-07-19